Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
2 Cara Efektif Untuk Mengatasi Bayi Yang Susah Makan
Mengatasi Bayi Susah Makan
Gambar Mengatasi Bayi Susah Makan

Bayi usia 6-7 bulan merupakan masa bayi boleh menyantap MPASI untuk pertama kalinya, tetapi terkadang bayi tidak serta merta akan terus berada dalam kondisi senang menyantap MPASI.

Ada kalanya bayi akan mengalami fase susah makan. Hal ini pastinya membuat Bunda bingung. Nah, ada cara yang bisa membantu Bunda mengatasi masalah tersebut.

Sebelumnya, harus diketahui dulu kenapa bayi tidak mau makan sehingga cara mengatasinya lebih mudah.

Penyebab Bayi Tidak Mau Makan

Untuk mengatasi bayi yang tidak mau makan caranya harus memperhatikan dahulu penyebab mengapa anak susah makan. Ada beberapa penyebab bayi tidak mau makan sebagai berikut.

  • Menu MPASI tidak bervariasi
  • Kualitas makanan yang kurang baik atau tidak enak

Setelah mengetahui penyebabnya, maka bunda bisa melakukan penanganan agar sang buah hati kembali lahap memakan MPASI. Berikut cara efektif mengatasi bayi susah makan.

Berikan Variasi Menu MPASI

MPASI Pisang

Menyediakan menu MPASI sangat efektif untuk membantu anak Anda kembali lahap dalam menyantap makanan.

Dr Hikmah Kurniasari dari RS Budi Kemuliaan menyarankan untuk memberikan Menu MPASI yang bervariasi misalnya pagi bubur nasi, siang puree bayam rebus, dan malam puree ayam rebus.

Berikan juga menu MPASI superfood yang merupakan buah dan sayuran berwarna cerahagar asupan antioksidannya dapat melindungi bayi dari penyakit.

Ada kalanya menyelingi dengan cemilan sehat bisa membuat anak Anda kembali bergairah untuk menyantap makanan.

Selingan cemilan ini bisa diberikan pada jam-jam tertentu. Contoh cemilan sehat menurut Best Present Guide Indonesia adalah Kentang Dori Saus Bayam, Puding Labu Saus Stroberi, biskuit wortel, puding nasi dan lain-lain.

Tingkatkan Kualitas Rasa Makanan

Menurut Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, seorang anak termasuk bayi sebenarnya bisa memilih makanan yang mereka sukai. Penyebab utama bayi tidak mau makan adalah makanannya tidak enak.

Beliau juga memberikan tips, ciri makanan yang tidak enak itu adalah ketika dicoba oleh orang dewasa rasanya tidak enak.

Jangan mementingkan kebutuhan karbohidrat, protein, dan serat saja, tetapi juga pertimbangkan unsur rasa dalam menu MPASI.

Sabar dan Peka

Terkadang ketika anak rewel tidak mau makan, orang tua lebih cenderung naik emosinya. Hal ini harus dihindari. Harus sabar dan peka terhadap kemauan sang bayi.

Bahkan hal-hal kecil seperti berikut harus diperhatikan karena dapat memengaruhi mood anak ketika makan:

  • Porsi makanan yang berkurang atau bertambah.
  • Secara tidak sengaja Anda terlihat mencicipi makanan dan ternyata perbuatan tersebut tidak disukai sang anak.
  • Keinginan anak untuk minum terlebih dahulu sebelum mulai atau melanjutkan makan.

Harus sabar dan juga peka terhadap anak Anda. Jangan terlalu emosi.

Hal ini bisa membuat dampak yang kurang baik untuk sisi psikologis sang anak. Menurut  dr. Kevin Adrian depresi dapat mengakibatkan gangguan makan, tidur, fobia, dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, emosi harus dijaga.

Konsultasi

Jangan malu dan ragu untuk konsultasi masalah tersebut. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter anak atau orang tua Anda.

Orang tua kadang bisa memberikan solusi yang tidak terduga dan sangat efektif untuk membantu masalah tersebut.

Apalagi orang tua sudah memiliki pengalaman. Konsultasi dengan orang tua bisa menjadi salah satu cara yang bisa membantu Anda sekaligus belajar mengatasi masalah yang ada pada si kecil.

Referensi

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.