Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
5 Cara Responsive Feeding Dalam Memberikan MPASI
5 Cara Responsive Feeding Dalam Memberikan MPASI
Gambar 5 Cara Responsive Feeding Dalam Memberikan MPASI

Apa makanan yang cocok untuk MPASI? Berapa porsi makanan padat yang harus diberikan pada bayi?

Ada beragam pertanyaan yang muncul saat bayi mulai mengkonsumsi MPASI. Baik WHO maupun UNICEF lebih mengutamakan cara responsive feeding dalam memberikan MPASI. Ini merupakan cara efektif saat bayi akan mulai MPASI.

5 Cara Responsive Feeding Dalam Memberikan MPASI

Usia Bayi Sudah 6 Bulan

Dr. Eva Kurniawati, M. Gizi, SpGK, merupakan salah seorang ahli gizi yang mengatakan bahwa anak usia di bawah 6 bulan memiliki sistem pencernaan yang belum sempurna sepenuhnya.

Tubuh bayi di bawah usia ini belum bisa menyerap gizi dalam makanan padat dengan baik. Waktu terbaik memberikan MPASI pada bayi dimulai di usia 6 bulan.

Buat MPASI Atas Beragam Makanan

Jangan memberikan satu jenis bahan makanan saja, karena gizi yang didapatkan masih kurang. Untuk satu porsi MPASI yang diberikan pada bayi harus mengandung lemak, protein dan karbohidrat.

Buat MPASI di rumah dan olah dengan cara dilumatkan sehingga mudah dikonsumsi bayi. Pastikan MPASI yang diberikan juga tidak terlalu encer tetapi tetap berteksur.

Cara responsive feeding dalam memberikan MPASI bertujuannya, untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Frekuensi Makan Bayi Bisa Berubah-Ubah

Penting untuk lebih responsif lagi dalam melihat kondisi bayi. Jangan terlalu ketat memberikan jadwal makan pada bayi Anda.

Anda bisa saja menetapkan mulai usia 6 bulan bayi mengkonsumsi MPASI dua kali sehari, ditambah selingan buah dua kali dan tetap menyusu ASI.

Tetapi, jangan selalu menjadwalkan waktu makan bayi setiap hari. Apabila bayimu menunjukkan keinginan untuk makan, maka Anda bisa memberikannya makan. Pasalnya, beberapa bayi ada yang memiliki porsi makan sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering.

Kenali Tanda Bayi Lapar dan Sudah Kenyang

Sebagai seorang ibu sudah seharusnya Anda bisa mengetahui kapan bayi merasa lapar dan sudah kenyang.

Jangan sampai menunggu hingga bayi merasa sangat kelaparan dan jangan pula memaksanya untuk menghabiskan makanan yang Anda berikan saat sudah kenyang. Sebaiknya berikan MPASI secara perlahan.

Dorong Anak Untuk Makan, Tapi Jangan Dipaksa

MPASI sudah seharusnya menjadi momen yang menyenangkan. Jika terlalu memaksa, anak bisa trauma dan enggan untuk makan.

Untuk itu lakukan komunikasi selama memberikan makan pada bayi, misalnya dengan memberikan senyuman di setiap bayi mau menyuap makanan. Bisa pula dengan melakukan kontak mata dan memberikan pujian-pujian saat bayi menghabiskan makanannya.

Dr. Eva menambahkan bahwa, tanda bayi sudah siap untuk diberikan MPASI adalah ketika kepalanya sudah mulai tegal, bisa duduk tanpa bantuan, reflek untuk menjulurkan lidah berkurang, mencoba meraih makanan, membuka mulut saat diberi makanan atau sendok dan menunjukkan ketertarikan saat melihat orang makan.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.