Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
7 Hal Yang Harus Dibeli Untuk Kamar Bayi Anda
Air Purifier dan Bayi
Gambar Air Purifier dan Bayi

Kehadiran si buah hati menjadi hal yang sangat membahagiakan. Dengan ini Anda akhirnya menjadi seorang ibu yang mampu memberikan kasih terbaik kepada bayi Anda.

Bayi yang khususnya berada di usia 1 tahun kebawah membutuhkan pengawasan yang ekstra. Hal ini karena sistem imunnya masih belum sempurna, dimana dibutuhkan peran seorang ibu dalam membantu tumbuh kembangnya si bayi.

Agar pengawasan dilakukan dengan baik, harus ada peralatan kamar bayi yang tersedia secara lengkap. Selain memudahkan untuk menyusui, juga membantu Anda agar bayi tetap berada di bawah kendali, salah satunya dengan membuat bayi tertidur lelap.

Artikel ini akan membahas 7 hal atau peralatan yang harus dibeli untuk kamar bayi, supaya dapat dimudahkan dalam mengurus dan mendukung tumbuh kembang si buah hati Anda. Beberapa di antaranya adalah:

1. Air Purifier

Air purifier merupakan alat elektronik yang wajib ada di kamar bayi. Hal ini karena produk ini menjadi alat yang ampuh dalam mencegah bayi terjangkit gejala alergi yang merugikan kesehatannya.

Ada banyak fitur air purifier yang menguntungkan bayi, seperti mencegah masuknya bulu hewan, virus, dan bakteri serta memastikan udara bebas polusi dan bersih.

2. Baby Monitor

Alat ini juga menjadi barang yang sangat diperhitungkan untuk digunakan. Baby monitor digunakan untuk melihat segala sesuatu yang ada di kamar bayi saat Anda berada di kamar lain atau berada dalam melakukan suatu aktivitas.

Baby monitor akan mempermudah Anda pada saat bayi Anda sedang menangis, baik karena harus mengganti popok, menyusui bayi atau karena gangguan lain.

3. Lemari

Perlengkapan ini menjadi hal yang mutlak ada di dalam ruangan bayi Anda. Lemari menjadi tempat yang penting untuk menyimpan berbagai perlengkapan bayi seperti popok, pakaian, celana dan lain sebagainya.

Lemari didalam kamar bayi dianggap membantu Anda dalam meletakan pakaian bayi sesuai fungsinya. Dengan demikian Anda dapat mengganti pakaian bayi Anda menjadi lebih rapi dan praktis.

4. Box Bayi

Box bayi mungkin menjadi hal utama dalam melengkapi kebutuhan kamar bayi. Barang ini menjadi prioritas karena Anda tidak mungkin tidur bersama bayi Anda yang akan beresiko akan terjadinya sudden infant death syndrome (SIDS).

SIDS adalah kematian mendadak yang terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun secara tak terduga dan tidak mengalami gejala apapun.

Beberapa langkah yang dilakukan untuk mencegah bayi terkena SIDS adalah tidur terpisah dengan bayi, jangan biarkan bayi tidur dalam keadaan tengkurap, dan jangan biarkan bayi terpapar bahan kimia, yang salah satunya adalah asap rokok.

5. Matras

Anda tidak mungkin menyediakan box bayi tanpa disertai dengan martras. Produk ini menjadi hal yang penting untuk diletakkan di kamar bayi. Supaya dapat memilih matras yang tepat, carilah yang tidak terlalu empuk.

Matras yang terlalu empuk akan membuat bayi menjadi cepat kepanasan dan membuat bayi Anda terganggu pernafasannya. Carilah matras yang agak keras agar supaya bayi Anda dapat tidur dengan nyenyak.

6. Sprei

Sprei juga hal tidak kalah pentingnya untuk ditaruh kamar bayi. Produk yang dapat dipilih adalah sprei waterproof, yang berfungsi untuk membuat Anda lebih mudah saat mengganti popok atau perlak di box bayi.

Selain itu pilih sprei dengan bahan yang lembut. Ini akan mencegah kulit bayi Anda dari iritasi dan gatal-gatal.

7. Lampu Malam

Hal terakhir yang harus ada di kamar bayi adalah lampu. Tidur di kamar gelap memang membuat bayi tertidur, namun tidak harus membiarkannya gelap secara total.

Maka dari itu taruh lampu malam agar Anda bisa melakukan aktivitas untuk melihat kondisi bayi tanpa perlu membangunkannya.

Penutup

Masih banyak peralatan atau hal untuk digunakan sebagai kamar bayi Anda, beberapa tambahan yang dapat diperhitungkan adalah tong sampah, meja ganti pakaian atau popok bayi, keranjang pakaian kotor, kursi menyusui atau mom zone, dan karpet.

Dengan melengkapi berbagai peralatan yang telah disebutkan, Anda akan dengan mudah berinteraksi dengan bayi Anda baik untuk mengganti pakaian, menyusui, menenangkannya di saat menangis, atau membuat bayi dapat tidur dengan nyaman.

Itulah ketujuh hal yang harus dibeli untuk kamar bayi Anda, sebelum memutuskan untuk membeli peralatan bayi, pastikan Anda sudah menemukan tempat penjualan yang menyediakan  produk berkualitas, agar dapat menggunakannya dengan waktu yang lama. Selamat mencoba!

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.