Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

7 Karakteristik MPASI Yang Bagus Untuk Bayi

Bayi Mengkonsumsi MPASI
Gambar Bayi Mengkonsumsi MPASI

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Panduan MPASI WHO 2018.

Kaya Nutrisi

Untuk bayi MPASI yang baik adalah MPASI yang mengandung banyak nutrisi. Nutrisi ini terdiri atas berbagai sumber makanan dasar yang mengandung energi, protein, dan micronutrientsMicronutrients dapat diturunkan menjadi dua kategori yaitu vitamin dan mineral.

Mineral yang penting bagi bayi yaitu zat besi, zinc, dan kalsium. Vitamin yang penting bagi bayi yaitu vitamin A, vitamin C, dan juga folat. Folat biasanya terdapat pada nasi, oleh karenanya bubur bisa jadi bahan MPASI.

Bersih dan Aman

Patogen sangatlah berbahaya bagi bayi karena daya tahan tubuhnya tidak sekuat orang dewasa. Patogen ini bisa berupa bakteri atau virus. Biasanya terdapat pada bahan makanan yang diolah secara tidak higienis atau sudah kadaluarsa. Jadi pastikan makanannya bersih terlebih dahulu sebelum dibuat MPASI.

Pastikan makanan aman untuk dimakan. Aman berarti tidak membahayakan bayi. Bahaya yang bisa timbul dari MPASI adalah potongan makanan terlalu besar atau kasar sehingga bayi tersedak, kedua MPASI terlalu panas sehingga melukai lidah bayi.

Rasa Tidak Terlalu Kuat

Jangan memberikan rasa yang terlalu kuat bagi MPASI. Pemberian lada atau garam yang dapat membuat MPASI terlalu kuat rasa dan aromanya tidak bagus untuk bayi. Jangan pula memberikan penyedap rasa atau micin. Memberikan rasa yang pedas atau cabe juga tidak disarankan.

Mudah Untuk Dimakan

Pastikan MPASI mudah untuk dimakan oleh bayi. Sesuaikan dengan usia bayi, kalau misalnya bayi MPASI pertama kali jangan berikan yang terlalu kental atau terlalu encer. Biasakan trial and error dulu dengan porsi sedikit untuk menemukan tekstur makanan yang disukai bayi.

Disukai Bayi

Ada hubungannya dengan karakteristik MPASI yang mudah untuk dimakan, pastikan MPASI disukai oleh bayi. Jangan memaksakan bayi untuk memakan apa yang sudah dibuat dengan alasan sayang kalau tidak dimakan karena bahaya.

Bayi yang kecewa karena makanan itu berbahaya karena bayi dapat mengasosiasikan kalau makan itu mengecewakan dan jadinya makan apapun dia tidak mau. Kalau bayi tidak mau makan suatu MPASI cari alternatif bahan makanan lain yang nutrisinya kurang lebih sama.

Harga Terjangkau dan Mudah Didapat

Memaksakan untuk membeli bahan makanan MPASI yang tidak sesuai dengan keadaan ekonomi tidaklah disarankan. Lebih baik cari alternatif makanan dengan harga yang lebih terjangkau. Berusahalah berpikir dan memandang bahan MPASI secara obyektif dari segi nutrisi. Cari bahan makanan yang terjangkau dengan nutrisi yang sama.

Carilah bahan MPASI yang mudah didapat karena bahan yang sulit didapat stoknya terbatas dan tidak bisa memilih bahan yang masih bagus untuk dikonsumsi. Bahan yang mudah didapat kemungkinan besar stoknya banyak, banyak yang mengkonsumsi sehingga, dan jarang yang kadaluarsa.

Mudah Dibuat

Pastikan MPASI pertama mudah dibuat karena menyiapkan dan membuat MPASI memerlukan learning curve. Juga, kalau pilih menu MPASI yang sulit dibuat belum tentu bayi suka. Selain itu, kalau misalnya pembuatannya lama dan bayinya sudah terlanjur lapar maka dapat membuat stress baik orang tua maupun bayi.