Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan
9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan
Gambar 9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

Bagaimana cara mencegah anak sakit pada musim hujan? Hujan adalah presipitasi yang berwujud cairan. Lapisan atmosfer yang tebal dibutuhkan agar bisa bertemu dengan suhu diatas titik leleh es, tepatnya di dekat dan diatas permukaan bumi.

Secara umum, pengertian hujan adalah proses kondensasi uap air dari atmosfer menjadi butiran-butiran air yang berat, untuk kemudian jatuh ke bumi. Proses tersebut dapat menciptakan pendinginan udara.

Presipitasi yang jatuh ke bumi disebut virga, ini terbentuk karena ada tabrakan antara butiran air dengan awan. Berbicara mengenai ukurannya, butiran hujan memiliki ukuran beragam, mulai dari pepat, bola kecil, hingga mirip panekuk.

9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

Memberikan makanan hangat dan bernutrisi tinggi

Banyak jenis penyakit yang bersiap untuk menyerang saat musim penghujan tiba. Nah, cara mencegah anak sakit pada musim hujan pertama, adalah memberikan makanan hangat dan bernutrisi tinggi, contohnya ikan. Dalam 100 gram ikan terkandung 60 kal kalori, 25.2 g protein, 1.7 g lemak, 62 mg kalsium, dan 176 mg fosfor. Selain bisa mencerdaskan otak, kandungan tersebut juga baik untuk menjaga imunitas tubuh anak. Anda bisa mengolah ikan menjadi masakan berkuah yang enak dan lezat.

Selain ikan, makanan bernutrisi tinggi lainnya untuk mencegah anak sakit pada musim hujan adalah yoghurt. Dalam takaran yang sama, yoghurt mengandung 58 kal kalori, 0.4 g lemak, 36 mg natrium, 3.6 g karbohidrat, 141 mg kalium, 10 g protein, 0.1 mg zat besi, dan 110 mg kalsium. Ini penting untuk membantu meningkatkan produksi sel T, salah satu sel darah putih yang bertanggung jawab untuk melawan segala jenis penyakit.

Memperbanyak konsumsi air putih

Meskipun tidak mengandung karbohidrat, kalori, lemak, serat, gula, protein, dan kolesterol, tetapi air putih mengandung 7 mg natrium dan 2.37 mg kalium. Air putih juga tidak memiliki kandungan vitamin sama sekali, tapi jangan salah, air putih bisa membantu penyerapan vitamin lebih maksimal dalam tubuh.

Meskipun suhu dingin akibat turunnya hujan membuat anak tidak mudah merasa haus, sehingga jarang sekali minum air putih tetapi untuk membuat tubuhnya menjadi lebih hangat dan mengeluarkan keringat, si kecil harus mengkonsumsi air putih lebih banyak lagi. Kekurangan minum air putih bisa membuat daya tahan tubuhmu semakin menurun, hingga mengalami dehidrasi.

Membersihkan lingkungan rumah

Sederhananya, cara mencegah anak sakit pada musim hujan adalah dengan membersihkan lingkungan rumah. Pertama, Anda bisa mulai menghilangkan kaleng bekas yang tak terpakai, menguras tempat penampungan air, dan menutupnya rapat-rapat. Setidaknya hal tersebut mencegah semakin banyaknya sarang untuk nyamuk berkembangbiak.

Nyamuk yang berkembangbiak saat musim hujan meningkatkan potensi anak terkena demam berdarah. Demam berdarah atau DBD adalah jenis penyakit infeksi virus dengue. Virus ini bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Albopictus dan Aedes Aegypti.

Memastikan anak mendapat waktu tidur yang cukup

9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

Di usianya yang masih balita membuat anak-anak lebih rentan terkena berbagai jenis penyakit, sehingga perlu dilakukan penjagaan kesehatannya yang ekstra. Selain demam berdarah, jenis penyakit yang muncul saat musim penghujan tiba adalah batu dan influenza. Oleh karenanya, sebelum anak jatuh sakit pastikan kalau dirinya memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya.

Bila perlu, Anda bisa membuat kesepakatan dengan anak mengenai waktu tidur siang dan malam. Apabila anak tidak memungkinkan untuk tidur siang, percepat jam tidur malamnya sehingga kebutuhan waktu tidurnya tetap terpenuhi.

  • Anak usia 1 – 4 minggu, waktu tidur yang dibutuhkan 15 – 16 jam per hari
  • Anak usia 1 – 12 bulan, waktu tidur yang dibutuhkan 14 – 15 jam per hari
  • Anak usia 1 – 3 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan 12 – 14 jam per hari
  • Anak usia 3 – 6 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan 10 – 12 jam per hari
  • Anak usia 7 – 12 tahun, waktu tidur yang dibutuhkan 10 – 11 jam per hari

Menaikkan suhu ruangan

Cara mencegah anak sakit pada musim hujan lainnya adalah dengan menaikkan suhu ruangan, sehingga tubuhnya bisa terasa lebih hangat. Suhu aman AC untuk anak, yakni sekitar 25C – 26C. Namun demikian, Anda tetap disarankan untuk mematikan sejenak AC di ruangan saat turun hujan agar anak tidak merasa kedinginan. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lampu 40 watt – 60 watt. Penggunaan lampu ini juga membantu menghangatkan tubuh anak saat cuaca dingin.

Memakaikan pakaian-pakaian yang tebal

Selain memakaikan pakaian berlapis, Anda juga bisa memakaikan pakaian tebal selama musim hujan. Pakaian yang tebal akan membuat tubuhnya selalu merasa hangat, ini juga bisa mencegah anak agar tidak mudah sakit. Namun meskipun demikian, tetap pilihkan pakaian yang membuat dirinya merasa nyaman. Apabila kakinya juga terasa dingin, Anda bisa mengenakan kaos kaki untuknya. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi ini ampuh untuk membuatnya lebih terasa hangat.

Memberikan anak buah pepaya

Cara mencegah anak sakit pada musim hujan paling mudah lainnya adalah dengan memberikan anak buah pepaya. Anak yang mengkonsumsi buah pepaya saat musim hujan terpenuhi 75% kebutuhan vitamin C-nya. Kandungan ini dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Buah pepaya juga mengandung 6% vitamin A, 2% vitamin E, 2% vitamin K, dan 10% vitamin B9. Ini semua baik untuk tumbuh kembang anak.  

Pilih buah pisang yang sudah masak dan rasa manisnya pas. Ciri buah pisang yang sudah matang adalah bagian siku-sikunya menghilang dan bentuk pisangnya pun menjadi bulat. Apabila mendapati buah pisang yang masih menyerupai kotak dan seakan-akan terpisah dari buah, tandanya pisang tersebut belum matang. Anda bisa memberikan buah pisang dalam bentuk potongan, atau di jus.

Memberikan madu murni

9 Cara Mencegah Anak Sakit Pada Musim Hujan

Selain buah pisang, madu murni juga baik untuk mencegah anak sakit saat musim penghujan tiba. Madu mengandung 0.5 mg vitamin C, 6 mg kalsium, 2 mg magnesium, 52 mg kalium, dan 4 mg natrium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, madu juga mengandung zat anti bakteri yang bisa menangkal berbagai jenis penyakit dan meningkatkan imunitas tubuh. Anda bisa memberikan langsung madu untuk menghangatkan tubuhnya, atau Anda juga bisa mencampurkannya dengan teh hangat dan jahe hangat.

Memberikan bawang putih

Hampir bisa dipastikan semua anak kecil tidak suka jika mengkonsumsi bawang putih utuh. Untuk mencegah anak sakit pada musim hujan Anda bisa memberikannya melalui campuran masakan yang enak dan lezat. Selain mengandung 31.1 mg vitamin C, bawang putih juga bersifat anti bakteri yang bisa melawan gejala flu dan menjaga imunitas tubuh anak. Anda bisa menjadikan bawang putih sebagai campuran sup ayam.

Memberikan buah jeruk

Jeruk adalah jenis buah yang kaya kandungan vitamin C. Dalam satu buah jeruk besar terkandung 53.2 mg vitamin C. Ini penting untuk menjaga imunitas tubuh. Buah jeruk juga mengandung 2.4 g serat yang berasal dari selulosa, pectin, lignin, dan hemiselulosa. Tak ayal kalau buah jeruk juga baik untuk fungsi sistem pencernaan dan bisa dijadikan sebagai sumber makanan untuk bakteri baik dalam usus.

Sumber

Artikel di atas memiliki 17 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.

  • Arye santy
    pukul 20:59

    Betul sekali, dari sembilan poin delapan diantaranya sudah saya terapkan setiap hari mengingat skrg hampir setiap hari hujan. Satu yang belum yaitu memberikan pepaya, karena jarang ketemu buah pepaya yg bagus di pasar. Beberapa hari lalu saya sdh sempat kena gejala flu,takut juga kena ke suami apalagi bayi dan anak balita di rumah tp langsung kuatkan antibodi dgn minum madu dan perasan lemon tiap pagi minumnya dicampur air hangat alhasil flu nya ngga jadi dan saya pun sembuh. Yg pasti anak2 ngga sempat kena jd sudah fit lg ngurusin rumah dan anak2. πŸ™‚

    • Lusiana
      pukul 21:02

      Terimakasih πŸ™ artikel nya sangat membatu dan bermaanfaat banget πŸ‘ŒπŸ‘Œapalagi dimusim hujan seperti sekarang ini, anak ku rentan banget terkena sakit seperti demam dan flu.

    • Tri Susilawati
      pukul 23:14

      πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘warbiasa sangat bermanfaat

      β€β€β€β€β€πŸ€—πŸ€—πŸ€—

  • Lusiana
    pukul 20:59

    Terimakasih πŸ™ artikel nya sangat membatu dan bermaanfaat banget πŸ‘ŒπŸ‘Œapalagi dimusim hujan seperti sekarang ini, anak ku rentan banget terkena sakit seperti demam dan flu.

  • Lusiana
    pukul 21:01

    Terimakasih πŸ™ Artikel Nya sangat Bermanfaat sekali mom..πŸ‘ŒπŸ‘Œ Pas banget di musim hujan kaya sekarang ini anak ku rentan sekali terkena sakit seperti flu,demam.

  • Lusiana
    pukul 21:03

    Terimakasih πŸ™ artikel nya sangat membatu dan bermaanfaat banget πŸ‘ŒπŸ‘Œapalagi dimusim hujan seperti sekarang ini, anak ku rentan banget terkena sakit seperti demam dan flu.

  • Fitriana
    pukul 21:06

    Sangat bermanfaat sekali tipsnya, patut saya coba karena ada beberapa poin yang saya baru tau seperti makan buah pepaya dan bawang putih, serta beberapa poin lain belum di terapkan. Akan segera saya praktekan utk babyku supaya tetap sehat selama musim pancaroba ini. Makasih tipsnya πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

  • Lusiana
    pukul 21:06

    Terimakasih πŸ™ artikel nya sangat membatu dan bermaanfaat banget πŸ‘ŒπŸ‘Œapalagi dimusim hujan seperti sekarang ini, anak ku rentan banget terkena sakit seperti demam dan flu.

    IG . Mama_raffas

  • Agnes ratra zufrida
    pukul 21:23

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat untuk pencegahan sakit dimusim penghujan seperti sekarang..dimana cuaca tak menentu ..

    Ig: @agnes_ratra
    Email: @agnezh.momi@gmail.com

  • Elvina Ingrid (elvina.ingrid)
    pukul 22:15

    Setuju dengan artikel dari @nonnietta di atas. Satu lagi adalah dengan cara menyusui karena ASI mengandung antibodi yg membuat bayi lebih tahan sakit. Saya pilih baju2 menyusui yang praktis dari @nyonya_nursingwear selama menyusui si kecil. Siapa bilang ibu menyusui nggak bisa tampil oke?!?!

  • Tiara Agustina
    pukul 22:22

    Terima kasih, sekarang paham Tipsnya..
    artikel yg bermanfaat sekali..
    tapi anakku masih baby, cara yg aman yaa jika musim hujan lebih baik berdiam diri dirumah, serta pakai pakaian yg hangat seperti yg dijelaskan Tips diatas 😍

    Ig : @agustinatyara
    email : tyaraagustina6@gmail.com

  • Tiara Agustina
    pukul 22:22

    Terima kasih

  • Tri Susilawati
    pukul 22:39

    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ betul sekali moms apa lg untuk anak yg sedang aktif aktifnya hmmmmmmm war biasa…..bukan hanya asupan yg kudu diperhatikan,tp dari mainan pakaian dll…..pokoknya ya tiada kata lain selain luar biasaπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—

  • Tri Susilawati
    pukul 22:51

    πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ benar sekali.warbiasa pada saat musim hujan begini jgk bukan hanya asupan saja yg perlu diperhatikan,apalagi untuk anak yg lg aktif aktifnya,dari mainan dan pakain itu jgk sangat penting….
    Pokoknya luar biasaβ€πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  • Fransisca Bella
    pukul 23:27

    Terimakasih artikelnya bermanfaat sekali..pas banget cuaca lagi ga menentu dan sering hujan kemarin anak bayi 2 sempet pada sakit sekarang jadi lebih paham pencegahannya dimusim hujan gini.

    Ig: @fransiscabellaaa
    Email: putribella005@gmail.com

  • Acie
    pukul 23:55

    Waah.. Pas banget lagi musim hujan gini ya moms.. Makasiiihh artikelnya sangat membantu dan nambah ilmu lagi nih saya. Kamsia yaa

    IG: @aciehughie
    Email : astri.andraswari@gmail.com