Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Apa Manfaat Apel Untuk Kesehatan Anak?
Apa Manfaat Apel Untuk Kesehatan Anak?
Gambar Apa Manfaat Apel Untuk Kesehatan Anak?

Mau tahu apa saja manfaat apel untuk kesehatan anak? Simak daftarnya disini!

Apel adalah buah yang dihasilkan dari pohon buah apel (Malus Domestica). Buah yang memiliki daging keras dengan beberapa biji didalamnya ini ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan.

Meski bagus dimakan mentah-mentah, apel juga bisa dibuat saus apel atau minuman sari buah apel yang menyehatkan. Diketahui, ada beragam vitamin dan mineral yang bisa ditemukan dalam buah satu ini, seperti vitamin B1, B2, B9, C dan K, kalium, magnesium, fosfor, tembaga, mangan serta kalsium.

Ini Manfaat Apel Untuk Kesehatan Anak

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Apel diketahui menjadi obat ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan. Dibanding harus memberikan obat yang dijual bebas di warung-warung, disarankan agar Anda memberikan obat alami untuk mengatasi masalah sistem pencernaan pada anak.

Kandungan serat larut atau pektin yang ada didalam buah satu ini diyakini dapat memelihara bakteri baik dalam usus dan efektif melancarkan pencernaan. Tak heran apel kerap dijadikan sebagai obat semeblit yang ampuh.

Cegah Obesitas Pada Anak

Obesitas atau kelebihan berat badan umumnya erat kaitannya dengan berbagai jenis penyakit seperti penyakit asma, kolesterol tinggi, patah tulang, kerusakan hati, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Agar anak terhindar dari obesitas beserta resiko yang mengikutinya, Anda bisa memberikan buah apel setiap hari. Serat dan air yang terkandung dalam apel akan memberikan sensasi kenyang lebih lama.

Hal ini bisa membuat anak terhindar dari kebiasaan ngemil atau makan terus menerus. Selain itu, rasa manisnya juga dapat mengurangi keinginan anak untuk mengkonsumsi makanan manis-manis secara berlebihan.

Menyehatkan Tulang

Ya, ada banyak manfaat apel untuk kesehatan anak, salah satunya bisa menyehatkan tulang. Tidak hanya itu, kandungan kalsium dalam buah ini juga bisa menunjang pertumbuhan gigi, otot dan sistem saraf anak.

Anak dengan tulang yang kuat dan sehat pastinya akan menjadi lebih energik dan produktif dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari.

Baik Untuk Perkembangan Kognitif Anak

Apel adalah jenis buah-buahan kaya akan kandungan tembaga. Diketahui kandungan tersebut baik untuk perkembangan kognitif anak. Oleh karenanya, ada baiknya Anda memberikan buah apel pada si kecil.

Anak yang rutin mengkonsumsi apel akan memiliki kecerdasan rata-rata dan keterampilan sosial yang jauh lebih baik.

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Tidak sama seperti buah jeruk, didalam buah satu ini terkandung vitamin C dalam jumlah yang sangat sedikit. Meskipun demikian, hal tersebut dapat membantu meningkatkan imun tubuh anak.

Alasannya, vitamin C yang terkandung dalam apel akan bertindak sebagai antioksidan, yang bertugas melawan radikal bebas dan mikroogranisme penyebab utama penyakit.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.