Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

Bagaimana Cara Menidurkan Bayi Yang Ampuh?

Ibu dan Bayi Dalam Box
Gambar Ibu dan Bayi Dalam Box

Pasti bunda sudah benar-benar pusing ya karena bayinya tidak tidur tidur? Padahal sudah dinenenin, diajak main, dan hampir semua cara sudah dipakai, tapi tidak tidur tidur. Yuk asah kemampuan analisis bunda terhadap bayi! Berikut adalah faktor yang dapat mempengaruhi masa tidur bayi. Contoh kasus ada di bagian akhir ya!

Masa Tumbuh Bayi

Masa tumbuh bayi sangat berpengaruh pada pola tidur bayi. Pada masa growth spurts kebanyakan bayi akan rewel luar biasa. Masa growth spurts yaitu terjadi pada usia bayi 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan and 9 bulan.

Pada masa ini bunda tidak bisa berbuat apa-apa selain meladeni kerewelan bayi. Pada masa ini bunda harus tetap memberikan ASI sesuai dengan keinginan bayi mau itu jam 12 malam, atau jam 3 pagi sekalipun. Masa ini sangat pneting bagi pertumbuhan bayi dibandingkan masa-masa sebelum growth spurts.

Suhu atau Temperatur Udara

Bayi ada yang suka dingin, ada yang suka panas, dan banyak yang suka temperatur normal. Nah, kalau suhunya bayi tidak biasa atau tidak suka maka dia susah tidur. Jadi, bunda harus punya alat pengukur suhu ruangan ya.

Ruam Popok

Gatal atau perih akibat ruam popok dapat mengakibatkan bayi sangat sulit tidur, bahkan menangis terus. Perhatikan ruam tersembunyi di sela-sela paha atau pantat bayi. Apabila ada ruam segera atasi.

Mengatasi ruam popok itu sebenarnya mudah tapi agak repot atau mahal. Repotnya yaitu harus pakai popok kain, mahalnya yaitu harus sering-sering ganti popok sekali pakai.

Ketakutan

Bayi juga bisa ketakutan loh, dan bisa tidak tidur gara-gara ketakutan. Sebaiknya bayi diajak pindah tempat misalnya dari kamar ke luar rumah biar dia lihat-lihat dan melupakan apa yang ditakuti.

Masih Cukup Tidur

Bayi yang tidurnya masih cukup akan sangat sulit untuk disuruh tidur lagi. Ajaklah bayi main-main sampai agak lelah dan tidak rewel lagi. Nanti akan lebih mudah untuk ditidurkan.

Sakit

Bayi sakit seringkali rewel. Oleh karenanya ketika bayi rewel dan sulit untuk ditidurkan ada baiknya utnuk cek suhu badannya apakah panas atau tidar. Panas bayi yang normal yaitu sekitar 37.5 derajat celsius. Apabila sampai 38 ke atas sebaiknya dibawa ke dokter anak.

Kangen Bapak atau Ibu

Bayi bisa rewel juga loh kalo lagi kangen sama bapak atau ibunya sehingga tidak mau tidur. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi ini ya dengan cara menghadirkan bapak atau ibunya. Hehe..

Penggendong Kurang Sabar

Kadang yang menggendong kurang sabar sampai bayinya tertidur. Alasannya biasanya karena berat dan merasa sudah lama digendong tapi tidak tidur tidur.

Lama kelamaan bayi pasti akan bertambah berat dan itu bagus artinya bayi tumbuh! Tumbuhnya bayi ini bikin menggending terasa lama padahal tidak. Oleh karenanya, ukur waktu menggondong bayi sampai tertidur. Kalau suatu saat digendongnya sudah melebihi waktu rata-rata dan tidak tidur juga maka coba cari posisi menggendong yang lain.

Lapar

Ini sepertinya tidak perlu dijelaskan. Kalau bayi lapar pasti dia rewel. Tugasnya bunda yaitu nenenin, kasih ASIP, atau susu formula.

Mau Diajak Main

Masa nenen dan tidur terus? Bayi juga mau diajak main, tapi memang sih waktunya random banget. Tetap harus diajak main dong bunda kalo ga, ga bisa tidur loh bayinya.

Ya, itulah sepuluh penyebab bayi tidak mau tidur. Bunda harus bisa menganalisis bayinya berdasarkan panduan di atas jangan emosi dulu. Hal yang terpenting adalah bunda harus memahami perilaku bayi sehari-hari itu gimana.

Contoh Kasus

Misalnya, tiap mau tidur biasanya bapak si bayi mengajak main si bayi jam 18.30-19.00, setelah itu digendong bunda jam 19.00-19.30 sampai tertidur. Lalu ketika bapaknya bayi misalnya lagi lembur dan tidak bisa ngajak main bayi jam 18.30-19.00, lalu bunda ganti waktu bermain dengan waktu tidur/digendong. Kemungkinan bayi tidak bisa tidur meskipun digendong dari jam 18.30 sampai 19.30. Kesel dong jadinya ngegendong 1 jam tapi ga tidur-tidur.

Nah, kasus seperti itulah yang harus dianalisis sama bunda. Semoga berhasil ya bunda!