Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Bagaimana Caranya Agar Bayi Tidak Mudah Sakit Di Musim Hujan
Agar Bayi Sakit di Musim Hujan
Gambar Agar Bayi Sakit di Musim Hujan

Musim hujan menjadi salah satu musim yang cukup menyibukkan buat Bunda. Pada saat musim hujan tiba, tingkat kelembaban akan tinggi dan curah hujan yang juga cukup tinggi.

Hal ini membuat sang buah hati bisa terkena penyakit dengan mudah. Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil tetap sehat dan fit. Berikut cara efektif tersebut.

Menjaga Kebersihan Bayi

Jaga kebersihan bayi dari kelembaban yang tinggi. Perhatikan bagian-bagian seperti ketiak, leher, dan area-area lipatan yang memungkinkan untuk terjadinya keringat. Hal ini bisa membuat bakteri jahat tumbuh dan berkembang di area tersebut.

Dengan menjaga kebersihan bayi, tentu saja akan membuat si kecil akan tetap sehat dan tidak mudah terkena serangan penyakit. Menjaga kelembaban tubuh bayi bisa menjadi salah satu opsi yang pas.

Baju Hangat dan Bersih

Bukan hanya tubuh bayi saja yang harus bersih. Pakaian yang digunakan oleh si buah hati juga harus bersih dan hangat. Pada musim hujan biasanya matahari akan jarang keluar. Dan hal ini bisa membuat pakaian akan sulit kering. Bunda harus mempersiapkan pakaian ekstra untuk si buah hati.

Pakaian bayi harus bersih dan juga usahakan dalam kondisi hangat atau tidak terlalu dingin. Cara ini untuk menghindarkan bayi terkena serangan flu. Apalagi dengan udara yang dingin, membuat bayi akan mudah terkena serangan penyakit jika baju yang digunakan kurang bersih.

”Agar

Hindari Nyamuk dan Lalat

Di musim hujan ini nyamuk dan lalat merajalela. Terutama setelah hujan reda. Biasanya nyamuk dan lalat akan mulai beterbangan setelah hujan selesai. Hindarkan si buah hati dari nyamuk dan lalat.

Siapkan peralatan untuk mengusir nyamuk dan lalat. Misalnya lotion anti nyamuk hingga membersihkan tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang nyamuk dan lalat. Hal ini untuk mencegah si buah hati terkena penyakit yang berbahaya seperti tifus dan demam berdarah.

Jaga Kebersihan Bunda

Selain menjaga kebersihan si kecil, Bunda juga harus menjaga kebersihan. Usahakan selalu cuci tangan dan mandi ketika hendak berinteraksi dengan si kecil. Pasalnya kuman-kuman yang Bunda bawa dari luar bisa dengan mudah menyerang si mungil.

Cuci tangan ketika Bunda selesai berkegiatan. Jika ingin lebih bersih mandi selalu ketika selesai berkegiatan dan hendak menyusui atau menyuapi si kecil.

Air Minum yang Matang

Gunakan air minum yang matang dan dimasak sendiri. Jangan menggunakan air galon dari dispenser. Ada kalanya galon juga terkena virus dan juga bakteri yang tidak terlihat. Bayi di usia 0 hingga 1 tahun memang masih sangat rentan untuk terkena virus.

Air yang matang ini bisa digunakan untuk mencegah diare pada bayi. Perlu diketahui bahwa diare menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bagi bayi di usia 0 hingga 1 tahun.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.