Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Bayi Minum Teh? Memangnya Boleh?
Bayi Minum Teh
Gambar Bayi Minum Teh

Dalam literasi sehari-hari, Bunda pasti sering mendengar bahwa selain air, teh adalah pelepas dahaga yang paling ideal untuk anak-anak – tetapi apakah ini juga berlaku untuk anak bayi dan bayi yang baru lahir? Sebenarnya, apakah boleh bayi minum teh?

Sumber Energi Utama untuk Bayi

Secara umum, teh tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi seringkali juga memiliki efek positif pada kesehatan. Namun, fakta ini tidak sepenuhnya ideal untuk bayi. Terbukti bahwa, anak bayi hanya membutuhkan hidrasi melalui air putih dan teh ketika mereka telah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Selama bayi masih disusui sepenuhnya, ASI adalah satu-satunya sumber energi – termasuk cairan – yang mereka butuhkan. Hal yang sama juga berlaku untuk anak-anak yang mengonsumsi makanan dengan vial. Hanya dari bulan ketujuh atau ketika anak sudah mulai makan makanan pendamping baru mereka bisa mengonsumsi teh.

Menyusui dan Teh untuk Bayi

Pada minggu pertama kehidupan, ASI dapat memiliki efek kolostrum (foremilk), yang mendukung pertahanan kekebalan tubuh anak. Namun, itu bukan berarti bahwa teh tidak sepenuhnya direkomendasikan untuk bayi baru lahir. Dan sebenarnya, jenis minuman ini dapat diberikan dalam situasi luar biasa berikut:

  • Dalam kasus demam, diare atau berkeringat dalam jumlah banyak: Jika bayi kehilangan banyak cairan karena salah satu alasan ini, air atau teh dapat membantu menstabilkan kembali keseimbangan cairan. Namun, Bunda harus membicarakan hal ini terlebih dahulu dengan dokter anak pilihan Bunda.
  • Sakit perut, kram perut atau perut kembung: Teh herbal adalah obat yang populer untuk masalah ini. Jadi, jika perut bayi membutuhkan teh yang menenangkan, Bunda bisa memberinya sedikit teh hangat dengan sendok sebelum makan.
Populer:  Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI

Selain dalam dua kondisi luar biasa di atas, bahkan pada hari-hari yang sangat panas, ASI atau susu formula telah cukup, karena perilaku menyusui bayi akan menyesuaikan diri. Anak akan ingin lebih sering meminta untuk disusui untuk memenuhi kebutuhan cairannya.

Teh yang Cocok untuk Bayi

Ada banyak teh yang cocok dan ideal untuk bayi. Namun, preferensi pribadi tertentu dapat terlihat sejak dini: Beberapa bayi akan bereaksi terhadap reaksi teh seperti alergi atau bahkan dengan sakit perut. Lantas, teh mana yang paling ideal? Di sini Bunda akan menemukan ikhtisar singkat tentang pola bayi minum teh dan opsi pilihan yang tersedia:

  • Teh Buah: Teh buah tanpa pemanis adalah teh yang populer untuk anak-anak. Variasi teh buah juga tergolong lebih ringan ketimbang jenis teh lainnya.
  • Teh Rooibos (Teh Merah): Teh semak merah ini memiliki rasa yang manis, ringan, bebas kafein dan karenanya cocok untuk anak-anak.
  • Teh Herbal: Banyak varietas seperti teh adas, teh jintan, teh lemon balm, teh sage, dan teh chamomile yang cocok untuk bayi dan anak kecil. Namun, karena mengandung zat penyembuhan, Bunda hanya boleh memberikannya kepada si kecil saat dibutuhkan dan tidak setiap hari.

Adalah pengalaman yang unik untuk seorang Ibu ketika melihat bayi mereka menemukan hal-hal baru dan selera unik dalam makanan ataupun minuman. Karena itu, Bunda juga jangan ragu untuk mulai memperkenalkan berbagai jenis teh kepada si buah hati. Tapi ingat! Pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter anak pilihan Bunda.

Populer:  3 Cara Menghilangkan Baby Blues

Bye for now!

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.