Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mengetahui Jika Bayi Siap MPASI
Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI
Gambar Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI

Menjadi orang tua untuk pertama kali datang dengan banyak pertanyaan yang pelik namun esensial untuk dijawab dengan akurat. Salah satunya adalah mengetahui waktu yang tepat jika bayi siap MPASI. Dan faktanya, mengetahui dengan pasti apakah si kecil telah siap untuk mengonsumsi makanan pendamping adalah hal yang krusial

Guide Cepat Mengetahui Jika Bayi Siap MPASi

Mengetahui tendensi jika si kecil telah siap untuk mengonsumsi adalah perkara yang rumit. Tapi Bunda mungkin akan melihat bahwa setelah enam bulan pertama kehidupan, si kecil mulai menunjukkan minat pada makanan padat. Untuk lebih mudahnya, perhatikan beberapa perubahan dan tanda-tanda berikut ini:

  • Refleks lidah berkurang: Bayi memiliki refleks khusus yang mendorong segala sesuatu keluar dari mulutnya. Refleks ini akan hilang seiring waktu. Dan biasanya, berkurangnya frekuensi refleks pada lidah juga berarti si kecil telah mulai dapat menyimpan makanan di mulutnya.
  • Minat pada makanan: Seringkali, bayi menandakan kesiapannya untuk makanan padat dengan menunjukkan minat yang meningkat pada makanan dan meniru gerakan mengunyah.
  • Sering lapar: Jika bayi sering meminta ASI dan lebih sering terbangun di malam hari, ini bisa menjadi tanda bahwa ASI mulai tidak lagi cukup untuknya.
  • Duduk tegak: Si kecil harus bisa duduk tegak dengan atau mungkin tanpa bantuan atau menjaga kepalanya tetap stabil.

Kalau Bunda merasa si buah hati mungkin telah siap untuk MPASI, maka tawarkan saja sepotong pisang atau alpukat yang lembut dan perhatikan reaksinya.

Populer:  MPASI Bayi 6 Bulan: 5 Tips Mengenalkan Makanan Padat

Kapan Waktu yang Tepat untuk memperkenalkan MPASI?

Saat menyusui, Bunda memberi bayi semua nutrisi penting yang istimewa di bulan-bulan pertama kehidupannya. Susu formula juga mengandung semua bahan yang akan membantu bayi untuk berkembang dengan baik. Oleh karena itu, menawarkan makanan pendamping baru dianjurkan untuk dilakukan setelah bulan ke-5 atau setelahnya.

Bunda juga harus perlahan-lahan membiasakan si buah hati dengan makanan baru dan dapat terus memberikan ASI atau memberinya susu formula. Pemberian makanan padat seperti MPASI tidak secara otomatis berarti bahwa Bunda harus mulai menyapih.

Pada usia paling lambat 7 bulan, Bunda mulai harus memperbanyak porsi makanan si kecil. Namun tetap harus diingat bahwa, makanan pendamping ini harus diberikan secara bertahap, karena energi dan kandungan substrat ASI saja tidak lagi cukup untuk memastikan perkembangan yang sehat.

Namun, setiap anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Untuk menentukan waktu yang tepat untuk pengenalan MPASI, perkembangan berat badan secara umum dan mengetahui rasa kenyang anak adalah dua kompoen yang sangat penting. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tanda-tanda di atas atau tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter anak. Hal ini penting untuk dilakukan karena topik makanan komplementer seperti MPASI masih menjadi bagian krusial dari aftercare.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.