Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Siapakah Yang Bertanggung Jawab Mengurus Bayi? Ayah Atau Ibu?
Ayah dan Ibu Mengurus Bayi
Gambar Ayah dan Ibu Mengurus Bayi

Ini adalah pertanyaan kontroversial yang dapat menimbulkan pro dan kontra pendapat. Sebenarnya tidak ada jawaban yang 100% benar atau 100% salah atas pertanyaan ini. Persoalan mengurus bayi harus dipandang berdasarkan konteksnya. Moms mari kita diskusikan di sini.

Diskusi di sini diarahkan spesifik mengurus bayi. Definisi bayi di sini adalah anak dengan usia lima tahun ke bawah baik itu bayi laki-laki maupun perempuan.

Kami akan mulai dengan menuturkan pendapat kami. Menurut kami, seorang ibulah yang paling bertanggung jawab dalam mengurus bayi. Kegiatan apa saja yang dikategorikan dalam hal mengurus bayi? Sedikitnya ada tiga kegiatan yang dapat dikategorikan dalam mengurus bayi.

Menyusui Bayi

Ini mutlak harus dimulai dari seorang ibu karena memang kodratnya menyusui bayi. Lalu, bagaimana perah ayah? Menurut kami, peran ayah dalam hal menyusui adalah membantu memberikan Air Susu Ibu Perah (ASIP) dalam botol atau membuatkan Pengganti Air Susu Ibu (PASI) untuk bayi.

Meskipun demikian, sebaiknya bayi diberikan ASI hingga usia 2 tahun oleh ibunya langsung. Kalaupun bayi minum susu formula, sebaiknya ibu yang membuatkan dan ibu pula yang memberikan. Sebagian besar ayah di Indonesia tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari cara memberikan susu ke bayi.

Risikonya, porsi susu yang diberikan kemungkinan besar salah, suhunya juga salah bisa jadi kepanasan atau terlalu dingin, dan cara memberikan susu ke bayi bisa jadi salah juga sehingga bisa bikin bayi tersedak. Oleh karenanya, ibulah yang seharusnya mengurus soal susu ini.

Mengajak Bayi Bermain

Berhati-hatilah ketika seorang ayah mengajak bayi bermain. Banyak hal-hal berbahaya yang dapat terjadi ketika seorang ayah ditinggal berdua dengan bayinya.

Ayah kadang bermain dengan cara yang relatif kasar seperti berguling-guling, atau menggendong dengan mengayun-ayun terlalu kencang. Ini bisa mencederai bayi. Oleh karenanya ibulah yang harus banyak mengajak bayi bermain sekaligus mengawasi ayah ketika bermain dengan bayi.

Memberi Makan Bayi

Kalau ini salah risikonya berat. Percayalah, banyak ayah yang tidak tahu kalau bayi di bawah enam bulan belum boleh diberikan nasi, buah, atau sayur. Sangat berbahaya jika seorang ayah memberikan pisang kepada bayi yang berusia tiga bulan. Ada kasus bayi meninggal gara-gara diberikan pisang. Sungguh mengerikan.

Ketika bayi beranjak ke usia enam bulan, tetap saja ibu yang harus in charge dalam memberi makan bayi. Ibu harus bertanggung jawab terhadap nutrisi, tekstur, bahan makanan, suhu, cara memberi makan, dan mengolah MPASI. Kalau ayah yang membuat MPASI bisa jadi tekstur makanannya masih kasar, dan suhunya panas. Kalau dikasih ke bayi bisa trauma dan tidak mau makan beberapa hari.

Demikianlah sedikitnya tiga urusan yang merupakan kewajiban seorang ibu. Menurut kami yang paling bertanggung jawab pada tiga hal tersebut adalah seorang ibu.

Bagaimana moms? Setuju ga?

Artikel di atas memiliki 1 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi.

  • Retha
    pukul 14:15

    Artikel ini sangat pro ke ibu ya😅
    Alangkah baiknya jika memasukan kegiatan-kegiatan yang ayah bisa lakukan juga/ bantu juga, jadi pro dan kontra dalam mengurus bayinya seimbang.