Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Bolehkah ASI Dicampur EVOO? (Video Eksperimen)
Bahan Dasar EVOO
Gambar Bahan Dasar EVOO

Bunda mau buat makanan pendamping ASI atau benar-benar hanya mencampur ASI dengan EVOO? Soalnya dua pertanyaan tersebut akan berarkhir dengan saran dan jawaban berbeda.

Perlu diingat bahwa ketika zat air dicampur dengan minyak takkan pernah bisa larut atau menjadi satu molekul. Coba saja tes dulu minyak goreng dicampur dengan air pada sebuah gelas lalu kocok. Sesaat minyak akan buyar dalam air tapi pada akhirnya akan terpisah lagi.

Tidak jauh berbeda ketika air susu dicampur dengan minyak. Memang minyaknya agak sedikit terurai tapi pada akhirnya juga terpisah seperti video eksperimen di bawah ini.

Setelah menyimak video di atas kita tahu bahwa ketika air susu dicampur minyak dia akan sedikit larut. Lalu bagaimana jika ASI dicampur EVOO?

Air Susu Ibu Dicampur EVOO?

Air susu ibu perah yang dicampur dengan EVOO akan lebih larut dibandingkan dengan air susu biasa campur minyak biasa. Apa yang menyebabkan ASIP bisa lebih larut dengan EVOO?

Extra virgin olive oil mengandung asam lemak (fatty acid) dan oleic acid yang mirip dengan asam lemak yang terdapat pada ASI. Oleh karenanya ketika dicampur, daya larut EVOO dan ASI lebih kuat dibandingkan susu dan minyak biasa. Namun, tetap saja tidak bisa 100% larut, pasti masih ada saja bulir-bulir EVOO yang terlihat pada ASI meskipun sudah dicoba dicampur baik dengan cara diaduk maupun dikocok.

Jadi jawaban boleh atau tidaknya ASI dicampur EVOO yaitu boleh, tetapi dengan catatan. Jangan berikan terlalu banyak EVOO ke dalam ASI karena nanti akan terlalu lengket dan berminyak di mulut bayi. Berikan saja secukupnya kira-kira 1/20 takaran ASI. Jadi misalnya asinya ada 100ml, EVOO-nya cukup 5ml. Kalau bayi tidak bermasalah dengan takaran tersebut boleh ditambah lagi EVOO-nya.

Cara Terbaik Mencampur ASI dan EVOO

Cara menggunakan ASI dan EVOO secara bersamaan yaitu dicampurkan ke dalam MPASI. Tidak ada yang lebih baik dari kombinasi ini.

Pada MPASI EVOO bisa langsung dicampurkan ke dalam makanan atau pada saat membuat makanan. Contohnya, apabila memasak MPASI berbahan dasar telur maka EVOO dapat digunakan sebagai media untuk menggoreng. Contoh lainnya yaitu, apabila membuat MPASI 6 bulan atau MPASI pertama boleh langsung dicampur ke dalam MPASI tersebut dengan takaran yang sudah disebut sebelumnya.

Intinya, EVOO untuk MPASI lebih fleksibel dibandingkan langsung mencampurkannya ke ASI. Lagipula ASIP juga sering kan dicampur ke dalam MPASI, jadi bisa mengkombinasikan ketiganya antara makanan suplemen, ASI, dan EVOO. Dengan demikian manfaat EVOO, ASI, dan makanan tambahan saling bisa menyokong satu sama lain.