Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Bolehkah Bayi Diberikan Madu? Tidak Boleh
Bayi Terkena Penyakit Botulisme
Gambar Bayi Terkena Penyakit Botulisme

Jangan gila ibu-ibu. Madu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. Alasannya, madu sangat rentan terkontaminasi spora bakteri Clostriduium botulinum dan bayi belum kuat melawan spora tersebut.

Dengan alasan sebagai pelengkap MPASI atau diberikan sebagai makanan tambahan terpisah, madu tetap tidak boleh diberikan. Akibatnya bisa membuat ibu-ibu pusing setengah mati.

Apa Itu Bakteri Clostridium botulinum?

bakteri clostridium botulinum

Gambar di atas adalah bakteri Clostridium botulinum yang dilihat melalui mikroskop elektron.

Bakteri ini pertama kali dikenal pada tahun 1976. Bakteri yang biasanya terdapat pada tanah, dan debu ini dapat mengakibatkan neuroparalytic. Neuroparalytic adalah kondisi ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk merasakan sensasi, contohnya seperti sentuhan, lemah otot, atau tidak bisa merasa rasa makanan, yang disebabkan oleh gangguan syaraf.

Spora bakteri Clostridium botulinum dapat menghasilkan racun yang memengaruhi sistem syaraf bayi saat racun tersebut sampai di usus bayi. Dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi di bawah satu tahun belum memiliki kemampuan menangkal spora bakteri, maka bakteri ini mengakibatkan keracunan pada bayi.

Pada anak-anak dan orang dewasa racun ini tidak berpengaruh karena tubuh sudah punya sistem kekebalan tubuh yang bagus untuk menangkal spora bakteri.

Botulisme Pada Bayi

Penyakit atau akibat racun yang ditimbulkan oleh bakteri Clostridium botulinum ini disebut botulisme.

Bayi yang terkena botulisme

Foto di atas adalah keadaan bayi yang terkena penyakit botulisme. Gambar dikirim oleh David Neubauer ke ResearchGate.

Ciri-ciri Botulisme

Menurut Rebecca L. Gill dalam KidsHealth, bayi yang terkena botulisme akan mengalami gejala sebagai berikut.

  • Ekspresi wajahnya tidak seperti biasanya dan cenderung datar
  • Susah diberi makan atau tidak kuat ketika menyedot ASI
  • Tidak kuat menangis keras
  • Gerakan melambat
  • Sulit menelan dan banyak mengeluarkan liur
  • Otot kerongkongan melemah oleh karena itu sulit menelan
  • Mengalami gangguan pernapasan

Gejala botulisme dapat terlihat pada hari ketiga hingga hari ketigapuluh setelah usus bayi terkena racun bakteri Clostridium botulinum. Oleh karenanya bakal bikin pusing ibu-ibu.

Contoh Ilustrasi Kasus Botulisme Bayi

Misalnya, hari Senin bunda memberikan madu, sedangkan gejala botulismenya terjadi di hari Kamis. Pastinya bunda menerka-nerka kenapa bisa terjadi gejala yang telah disebutkan di atas. Bunda pun tidak ingat apa saja yang sudah diberikan kepada bayi.

Kebanyakan ibu-ibu muda pasti menerka bahwa makanan kemarin atau hari inilah penyebabnya. Padahal madu tiga hari lalulah yang menyebabkannya. Sehingga ibu-ibu pusing sendiri mencari penyebabnya.

Oleh karena itu, jangan berikan madu dengan alasan apapun sebelum bayi berusia satu tahun. Untuk lebih amannya pemberian madu sebaiknya pada usia 1 tahun 2 bulan atau lebih.

Referensi

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.