Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Efektif Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona
Cara Efektif Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona
Gambar Cara Efektif Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona

Infeksi virus corona pada anak-anak bisa dibilang sangat jarang terjadi. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan anak bisa tertular virus corona tersebut. Oleh karenanya penting bagi para orangtua untuk mengetahui cara efektif agar anak tidak tertular virus corona, misalnya dengan menyimak langkah dan panduannya di bawah ini.

Cara Efektif Agar Anak Tidak Tertular Virus Corona

Virus corona, atau yang juga dikenal dengan sebutan COVID-19, merupakan jenis penyakit berbahaya yang bisa menular dengan mudah dan cepat. Namun, baru-baru ini kasus tertularnya virus corona pada anak juga telah dilaporkan.

Tindak pencegahan infeksi virus corona pada anak sudah seharusnya diketahui oleh para orangtua. Karena virus ini telah menyerang hingga puluhan ribu orang di berbagai negara, salah satunya di Indonesia.

Berikut adalah langkah mudah dan tepatnya yang bisa diterapkan para orangtua pada anaknya, agar buah hati tercinta tidak tertular virus corona:

Mencuci Tangan dengan Benar

Dibilang mudah, karena penularan virus corona dari manusia ke manusia diperkirakan terjadi karena ada kontak langsung dalam jarak dekat, baik melalui tetesan kecil maupun percikan dari saluran pernapasan yang dihasilkan penderita saat batuk dan bersin.

Agar anak tidak tertular virus corona, sebagai orangtua Anda perlu mengajarinya untuk mencuci tangan dengan benar. Gunakan air mengalir dan sabun ketika mencuci tangan, setidaknya selama 20 detik.

Setelah itu, pastikan anak membasuh seluruh bagian tangannya, termasuk sela-sela jari, ujung kuku, dan punggung tangan. Kebiasaan ini harus dilakukan secara teratur, utamanya sebelum dan setelah makan, batuk, bersin, juga setelah menyentuh hewan.

Menggunakan Masker

Cara mencegah tertular virus corona pada anak selanjutnya adalah dengan membiasakan anak untuk menggunakan masker. Pilih masker dengan ukuran pas untuk anak, jangan lupa juga untuk mengajarkan anak memakai masker yang benar.

Makan Makanan Bergizi

Tidak hanya penting untuk tumbuh kembangnya, asupan gizi yang cukup juga dibutuhkan untuk mencegah terinfeksi virus corona. Sayuran dan buah-buahan diketahui dapat memperkuat sistem imun anak untuk melawan berbagai jenis infeksi, termasuk infeksi virus corona.

Rutin Olahraga

Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga yang rutin bisa memperkuat daya imun untuk melawan infeksi. Oleh karenanya Anda perlu mengajarkan anak untuk rutin olahraga, minimal 15-30 menit sehari.

Tak harus melakukan olahraga yang berat-berat, silakan pilih olahraga yang disukai anak. Ini bisa menjadi cara efektif untuk melindunginya dari infeksi yang bisa menyerang kesehatannya kapan pun.

Selain dengan menerapkan cara di atas, Anda juga perlu menyediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%, untuk digunakan jika tidak ada air dan sabun ketika mencuci tangan.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.