Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Benar dan Aman
Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Benar dan Aman
Gambar Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Benar dan Aman

Salah satu tanda bayi mulai bisa tengkurap adalah ketika ia sudah memiliki otot leher yang kuat. Umumnya, hal ini ditandai dengan bayi yang sudah bisa menegakkan kepalanya sendiri. Namun, beberapa orangtua juga merasa khawatir saat bayinya terlihat memiliki kemampuan yang lambat.

Atas dasar itulah melalui artikel ini akan kami bagikan cara melatih bayi tengkurap dengan benar dan aman. Anda bisa mencoba mempraktekkannya pada bayimu untuk membantu meningkatkan kekuatan ototnya.

Cara Melatih Bayi Tengkurap dengan Benar dan Aman

Tengkurap adalah tahap awal proses tumbuh kembang bayi sebelum ia bisa duduk, merangkak dan berjalan. Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk menerapkan cara melatih bayi tengkurap?

Sebenarnya, tengkurap bisa dilakukan sejak usianya masih sangat dini. Dalam sehari, Anda bisa melakukan 2-3 sesi selama 3-5 menit. Idealnya adalah setelah bayi tidur siang atau saat mengganti pokok bayi.

Setelah bayi berusia 3-4 bulan, kekuatan ototnya sudah mulai meningkat. Nah, di usia ini Anda bisa melatih bayi tengkurap lebih sering. Bila perlu Anda bisa menambahkan durasi latihan di setiap sesinya, yakni sekitar 20-30 menit sehari.

Dan berikut ini adalah cara melatih bayi tengkurap yang harus Anda tahu dan coba praktekkan.

Mengatur Tempat dengan Alas yang Lembut

Sebelum memulai latihan, siapkan alas yang lembut dan usahakan Anda melakukannya di tempat aman dari barang-barang berbahaya.

Melakukan Secara Perlahan di Awal Latihan

Pada tahap awal latihan, tidak semua bayi senang saat ada diposisi tengkurap, bahkan tak sedikit yang pada akhirnya menangis. Hal ini wajar, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengurangi waktu tengkurap bayi.

Anda juga bisa mencoba menenangkannya dengan cara menggosok bagian punggung bayi. Jika masih rewel, lakukan skin to skin dengan posisi lebih rendah agar bayi terbiasa untuk nyaman diposisi tersebut.

Menggunakan Cermin Anti Pecah

Agar lebih amannya, Anda bisa menggunakan cermin anti pecah saat melatih bayi tengkurap. Gerakkan cermin dihadapan bayi hingga ia mengikuti pantulan dirinya.

Ketika gerakannya sudah mulai lancar, Anda bisa mencoba menggerakkan cermin tersebut ke atas secara perlahan. Ini penting untuk melatih kemampuannya mengangkat kepala.

Meletakkan Mainan Dekat Bayi

Untuk membuat bayi tetap nyaman selama tengkurap, Anda juga bisa meletakkan mainan di depannya. Selanjutnya, Anda bisa mencoba menggerakkan mainan tersebut untuk mengalihkan perhatiannya.

Berikan Alat Bantu

Alat bantu yang diperlukan saat latih si kecil tengkurap adalah guling atau bantal kecil dan empuk yang diletakkan di bawah dada. Namun demikian, Anda juga perlu memastikan guling dan bantal tersebut tidak menutupi mulut maupun hidung bayi.

Penting untuk diketahui, selama bayi diajarkan untuk tengkurap Anda tidak disarankan untuk meninggalkannya sendirian. Sebab, yang demikian bisa meningkatkan resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

REFERENSI

  • 13 Cara Melatih Bayi Tengkurap Sendiri dan Cepat Bisa. Diakses 8 November 2020
  • Bunda, Ini 5 Cara Melatih Anak Tengkurap. Diakses 8 November 2020
  • Foto diambil dari situs ibupedia.com. Diakses 8 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.