Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Melatih Bayi Untuk MPASI
Cara Melatih Bayi Untuk MPASI
Gambar Cara Melatih Bayi Untuk MPASI

Sebagai seorang ibu, Anda harus bisa melihat tanda bayi siap untuk MPASI. Dengan begitu Anda pun bisa mulai melatih bayi untuk makan-makanan pendamping ASI. Biar gampangnya, berikut kami bagikan cara melatih bayi untuk MPASI penting untuk Anda tahu.

Saat bayi mulai diberikan MPASI untuk pertama kalinya, ia belum tahu cara makan dengan benar. Keterampilan yang dimilikinya pun baru menghisap. Oleh karenanya, makan adalah keterampilan yang harus dipelajari, tak terkecuali belajar cara menggerakkan mulut untuk menerima makanan menggunakan sendok.

Cara Melatih Bayi Untuk MPASI

Belajar MPASI untuk bayi usia 6 bulan dapat membantu memperkuat otot mulut si kecil. Otot dibutuhkannya untuk menerima suapa makanan dalam porsi lebih besar nantinya dan untuk berbicara.

Di bawah ini adalah panduan lengkap cara melatih bayi untuk MPASI yang bisa Anda praktekkan.

Mengenalkan Tekstur Secara Bertahap

Belajar MPASI di usianya yang masih sangat dini seperti tugas yang sulit. Namun sebenarnya lebih mengenai mengenalkan berbagai tekstur makanan secara bertahap.

Pada tahapan awal Anda bisa mencoba membiasakan bayi Anda terhadap sensasi makanan padat dalam mulut. Belajar menggerakkan lidah terhadap makanannya dari depan ke belakang, lalu menelannya.

Itu sebab makanan yang dilumatkan adalah yang paling ideal diberikan pada bayi yang mulai diberi MPASI.

Peralihan ke Makanan Padat

Seiring dengan bertambahnya usia, bayi sudah mulai bisa belajar mengunyah. Nah, pada tahapan tersebut Anda bisa memberikan makanan dengan tekstur yang lebih padat.

Ketika bayi Anda sudah mulai tertarik dengan jenis makanan tersebut, artinya ia sudah siap untuk berpindah ke langkah pemberian makanan tambahan. Anda bisa mencoba memberikan makanan utuh, seperti buah dan sayur yang dipotong-potong kecil.

Mengenalkan Berbagai Bentuk dan Tekstur

Untuk tahap berikut ini bayi butuh varian agar tetap menarik untuk diberikan MPASI. Meskipun demikian, Anda tetap harus memastikan bahwa menu yang didapatkannya dipenuh dengan nutrisi yang seimbang.

Anda bisa membiarkan bayi makan sendiri agar lebih mandiri. Jangan lupa, arahkan selangkah lebih dekat dengan makan bersama keluarga.

Perlahan Mengenalkan Rasa Baru

Belajar MPASI juga berarti mengenalkannya dengan berbagai rasa baru. Pada tahap awal bayi harus dibiasakan dengan rasa selain rasa susu yang biasanya dikonsumsi.

Biasanya setiap bayi dilahirkan dengan rasa suka terhadap makanan yang manis-manis. Jadi, secara alami rasa manis tersebut jauh lebih disukai dan mudah diterima bayi.

Namun bukan berarti Anda bisa memberikan pemanis tambahan pada makan yang diberikan pada bayi. Anda bisa mencoba memberikan bayi dengan beragam buah dan sayur. Seperti kentang, pir, aprikot, mangga, pisang, apel, kacang polong dan lain-lain.

Penting di usianya untuk mengenal berbagai rasa dalam makanannya, oleh karenanya Anda harus lebih sabar lagi dan terus mencoba mengenalkan aneka rasa makanan yang bercitra rasa pada bayi Anda.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.