Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Efektif Bayi Tidak Rewel Ketika Mandi
cara memandikan bayi
Gambar cara memandikan bayi

Mempunyai bayi kecil nan mungil di rumah tentu saja menjadi kebanggan tersendiri. Meski ada kalanya harus mengalami masa-masa sulit ketika sang buah hati sakit atau hal-hal kecil kala hendak mandi.

Sudah menjadi rahasia umum jika ketika mandi, Bunda harus berjuang ekstra keras dikarenakan si kecil ini selalu rewel. Ada cara dan tips yang cukup efektif untuk mengatasi hal tersebut. Berikut cara efektif untuk membuat bayi tidak rewel ketika mandi.

Buat Suasana Menyenangkan Sebelum Mandi

Untuk membuat sang buah hati tetap senang dan tidak terlalu rewel, buat sesuatu yang menyenangkan dan tidak membuat mood anak Anda buruk. Bunda harus hafal bagaimana kebiasaan si kecil. Ikuti kebiasaan mereka dan jangan memaksa untuk mandi sesegera mungkin.

Jika si kecil biasa bermain-main terlebih dahulu, maka biarkan mereka asyik dengan mainannya. Dengan membiarkan anak Anda bermain-main terlebih dahulu, akan menciptakan suasana yang lebih tenang dan menyenangkan. Hal ini berpengaruh kepada mood anak Anda.

Jangan Memaksa Untuk Mandi

Jangan langsung memaksa anak Anda untuk mandi setelah bangun tidur di pagi hari atau ketika di sore hari. Hal ini bisa membuat anak Anda akan rewel dan menangis keras. Tentu saja akan membuat suasana mandi pagi atau sore akan sangat terganggu.

”cara

Ketika si kecil menangis dan rewel, pastinya akan membuat Bunda akan terpengaruh. Mood Bunda bisa saja berubah dan bisa berakibat fatal. Contohnya Bunda menjadi kurang berhati-hati atau terlalu cepat-cepat ingin selesai ketika memandikannya. Hal ini bisa berbahaya.

Air Hangat

Siapkan air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Jangan terlalu panas dan juga terlalu dingin. Air hangat bisa memberikan potensi sang buah hati akan lebih senang untuk mandi.

Jika Bunda ingin mengajari si kecil mandi air dingin, maka perlahan-lahan kadar kehangatan air dikurangi. Hal ini bisa membantu sang buah hati mandi air dingin nantinya.

Mainan

Jangan lupa untuk membawa mainan ke dalam kamar mandi. Cara ini sangat efektif untuk membuat anak-anak betah berada di kamar mandi. Dengan mandi bersama mainan kesayangannya, bisa membuat si buah hati tidak akan rewel dan menangis ketika Bunda memandikan mereka.

Ciptakan Suasana Menyenangkan Ketika Mandi

Selain menciptakan suasana menyenangkan sebelum mandi, cara yang cukup efektif lainnya adalah dengan membuat suasana yang juga menyenangkan ketika mandi.

Bunda bisa mendesain bak mandi, atau bak air serta kamar mandi dengan aneka pernak-pernik sehingga membuat bayi akan betah dan senang untuk mandi. Apalagi jika diselingi dengan bermain-main air dan mainan. Hal ini bisa membuat si kecil tidak akan rewel ketika diajak mandi.

Berikan Sesuatu yang Hangat Usai Mandi

Setelah mandi, berikan minyak kayu putih atau minyak telon ke badan si kecil agar tubuhnya tetap hangat dan tidak kedinginan kala selesai mandi pagi atau sore. Cara ini selain membuat bayi akan lebih tenang juga terhindar dari penyakit serta kedinginan.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.