Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Menambah Kecerdasan Otak Anak Lewat Permainan Edukasi Ini!
Cara Menambah Kecerdasan Otak Anak Lewat Permainan Edukasi Ini!
Gambar Cara Menambah Kecerdasan Otak Anak Lewat Permainan Edukasi Ini!

Bagaimana cara menambah kecerdasan otak anak? Lewat permainan edukasi ini orangtua bisa dengan mudahnya menambah kecerdasan otak buah hatinya.

Pada umumnya, IQ atau Intelligence Quotient kerap dijadikan sebagai salah satu pengukur kecerdasan anak dalam berpikir, belajar dan memecahkan masalah. Banyak pilihan permainan edukasi yang bisa dimanfaatkan bersama anak balita. Permainan ini akan membantu anak Anda agar semakin pintar dan aktif, asalkan dimainkan dengan benar dan dengan bimbingan orangtuanya.

Cara Menambah Kecerdasan Otak Anak Lewat Permainan Edukasi

Melipat Kertas atau Origami

Ini adalah cara menambah kecerdasan otak anak paling mudah yang bisa Anda coba praktekkan. Melipat kertas akan membuat si kecil mudah mengikuti intruksi yang diberikan orangtuanya.

Banyak bentuk yang bisa dibuat dari kegiatan melipat kertas, mulai dari bentuk yang paling sederhana seperti membuat pesawat terbang. Agar si kecil senang diajarkan melipat kertas Anda bisa memilih kertas lipat berwarna, atau bercorak.

Puzzle

Ini adalah jenis permainan edukasi anak yang bermanfaat untuk melatih motorik halus si kecil. Anda bisa mengajarknya saat anak berusia 1 tahun ke atas.

Dengan permainan tersebut anak akan belajar bagaimana cara memecahkan teka-teki ketika menyusun puzzle. Jangan lupa berikan apresiasi ketika si kecil berhasil menyusun puzzle dengan baik.

Bricks

Cara bermain bricks bersama anak mudah sekali, Anda dan anak hanya perlu mengikuti instruksi yang tersedia. Tugas Anda disini adalah membacakan instruksi dan si kecil yang akan menyusun dengan bimbingan yang Anda berikan.

Jenis mainan anak tersebut akan membantu mengajarkan bahwa anak harus bisa selesaikan tiap pekerjaan sampai selesai agar hasil akhirnya terlihat. Anda juga harus terus memberikan semangat dan apresiasi kepada si kecil.

Mainan Profesi

Banyak pilihan permainan bertajuk profesi yang bisa diaplikasikan bersama anak, mulai dari perlengkapan dokter, alat memasak, alat pertukangan, salon dan lainnya.

Namun demikian, sebelum mulai bermain sebaiknya Anda ketahui mana yang menjadi pilihannya. Tujuannya, agar si kecil bisa antusias dan mau kenal lebih banyak yang berkaitan dengan profesi tersebut.

Papan Tulis

Di usianya yang masih balita si kecil pastinya belum memiliki kemampuan cukup untuk bisa menulis. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengajarkan kreativitas lewat corat-coret di papan tulis.

Papan tulis adalah jenis permainan edukasi yang cukup menarik bagi balita. Si kecil pastinya akan sangat menarik dengan papan tulis dan spidol warna-warni. Proses ini akan membantu melatih motorik kasar dan halus anak.

Balok Warna-Warni

Ini adalah jenis mainan edukasi bentuk konstruktif. Lewat permainan tersebut anak akan diajak merangkai balok-balok menjadi bangunan gedung, rumah, menara, jalan dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan permainan ini pula anak akan belajar mengenal bentuk geometri. Motorik halus dan kasarnya pun juga akan ikut terlatih. 

REFERENSI

  • 13 Pilihan Permainan Edukasi untuk Anak yang Menambah Kecerdasan Otak. Diakses 15 November 2020
  • Cara Meningkatkan IQ Anak yang Jarang Diketahui Orang Tua. Diakses 15 November 2020
  • Foto diambil dari situs pelajarinfo.com. Diakses 15 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.