Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mencampurkan ASI dan Susu Formula yang Aman
Cara Mencampurkan ASI dan Susu Formula yang Aman
Gambar Cara Mencampurkan ASI dan Susu Formula yang Aman

Amankah mencampurkan ASI dan susu formula? Berikut adalah cara aman mencampurkan ASI dengan susu formula yang harus diketahui.

Seperti yang diketahui, ASI mengandung 75% Immunoglobulin IgA yang baik sebagai pertahanan tubuh bayi dalam melawan berbagai jenis penyakit. Tak heran jika seluruh ahli kesehatan anak di dunia menyatakan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi.

Cara Mencampurkan ASI dan Susu Formula yang Aman

Ada beberapa alasan kenapa orangtua memilih kombinasikan ASI dan susu formula, beberapa diantaranya karena produksi ASI yang sedikit akibat stress, diet, bahkan penyakit yang diderita.

Adapun alasan lainnya, yakni karena waktu istirahat yang kurang dan banyak dari ibu yang kembali bekerja, sehingga memutuskan untuk mengkombinasikan ASI dengan susu formula. Tujuannya, tidak lain agar lebih efisien dan efektif.

Tentunya untuk campuran antara ASI dengan susu formula tidak boleh dilakukan secara sembarangan, simak panduannya berikut ini.

Konsentrat Cair dan Susu Formula Bubuk

Pada dasarnya di pasaran ada 3 jenis susu formula yang bisa dipilih, 2 diantaranya adalah susu konsentrat cair dan susu formula bubuk. Apabila Anda menggunakan kedua jenis susu formula tersebut, pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan susu, atau atas petunjuk dari dokter maupun bidan Anda.

Umumnya untuk jenis susu konsentrat cair dan susu formula bubuk terlebih dulu harus dicampurkan dengan air yang telah direbus selama 5 menit, kemudian didinginkan. Jika cairan susu formula sudah siap, baru Anda bisa mencampurkannya dengan ASI.

Agar campuran antara ASI dengan susu formula aman dikonsumsi bayi, jangan sekali-kali mencampurkan konsentrat cair dan susu bubuk langsung dengan cairan ASI. Ingat, cairan ASI bukan pengganti air yang bisa dicampurkan begitu saja pada kedua jenis susu formula.

Susu Formula Instan

Lain halnya dengan kedua jenis susu di atas, untuk jenis susu formula instan atau susu formula siap minum bisa dicampurkan ASI secara langsung. Ini adalah jenis susu yang tidak perlu diracik terlebih dulu, sehingga lebih aman untuk dicampurkan dengan ASI langsung.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.