Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mengalihkan ASI ke Susu Formula yang Benar
Cara Mengalihkan ASI ke Susu Formula yang Benar
Gambar Cara Mengalihkan ASI ke Susu Formula yang Benar

Bagaimana cara mengalihkan ASI ke susu formula? Transisi ASI ke sufor (susu formula) tidak boleh dilakukan sembarangan, ikuti kiat-kiatnya berikut ini.

Diawal kehidupannya, bayi hanya bergantung pada ASI untuk asupan nutrisinya. Oleh karenanya perubahan ini perlu dilakukan secara bertahap.

ASI merupakan sumber gizi bayi yang produksinya mengikuti kebutuhan bayi. Penting untuk diketahui waktu ideal bayi menyusu agar nutrisi hariannya bisa terpenuhi dengan baik untuk tumbuh kembangnya.

Cara Mengalihkan ASI ke Susu Formula yang Benar

Utamakan Memberi ASI Terlebih Dulu

Cara mengalihkan ASI ke susu formula bukan perkara mudah, apalagi sejak diawal kehidupannya bayi hanya diberi ASI tanpa didampingi dengan memberikan susu formula.

Ini adalah cara paling bijak untuk mengajari bayi menyusu secara efektif, juga merangsang persediaan susu yang cukup. Buru-buru mengkombinasikan ASI dan susu formula justru dapat menurunkan produksi ASI.

Jika ingin mengalihkan ASI ke susu formula setidaknya Anda mengutamakan memberikan ASI eksklusif selama 4-6 minggu. Tujuannya, untuk membangun persediaan dan melatih rutinitas menyusu bayi.

Mengurangi Memberi ASI Secara Bertahap

Jika ASI diberikan 5-6 kali dalam sehari, untuk malam harinya Anda bisa memberikan susu formula pada bayi.

Ini adalah waktu yang cukup efektif jika Anda ingin menambahkan susu formula, apalagi tugas tersebut bisa digantikan oleh ayah untuk memberi waktu istirahat lebih bagi Anda.

Bereksperimen dengan Berbagai Jenis Botol dan Susu Formula

Tahapan selanjutnya adalah memvariasikan cara memberikan susu pada bayi, misalnya dengan mencoba berbagai botol dan susu formula.

Diwaktu tertentu, bayi biasanya lebih suka menyusu langsung daripada melalui botol susu formula, atau pun sebaliknya. Anda tak perlu terpaku pada satu cara, silakan amati perkembangan dan jadilah lebih fleksibel untuk membangun rutinitas yang diharapkan.

Bersiap Menghadapi Perubahan

Pengalihan ASI ke susu formula tentunya menyebabkan banyak perubahan pada usus bayi, oleh karenanya Anda harus bersiap menghadapi perubahan tersebut.

Seperti yang diketahui, di dalam ASI tersusun mikroba yang berbeda dari susu formula. Ini biasanya menyebabkan tinja si kecil berubah warna.

Dalam kasus lain, pengalihan ASI ke sufor juga menyebabkan bayi sering gumoh dan sembelit. Jika bayi mengalami masalah tersebut, segera konsultasikan dengan dokter atau bidan anak.

Dokter akan memberian teknik dan takaran mengkombinasikan ASI dan susu formula yang benar.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.