Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Standar Mengatasi Bayi Yang Tersedak
Mengatasi Bayi Tersedak
Gambar Mengatasi Bayi Tersedak

Ketika makanan padat masuk ke tenggorokan dan tersangkut, maka akan membuat tersedak sehingga udara tidak bisa masuk dan keluar. Tersedak menjadi salah satu kejadian yang berbahaya bagi orang dewasa.

Jika berbahaya bagi orang dewasa, tentu saja sangat berbahaya untuk anak-anak.

Jangan panik dan bingung ketika anak Anda mengalami tersedak. Baik itu makanan padat maupun benda padat yang tidak sengaja masuk ke tenggorokan.

Lakukan-langkah berikut ini merupakan cara yang biasa dilakukan dalam mengatasi bayi yang tersedak.

Segera Ambil Benda Dari Mulut

Jika Anda bisa melihat benda padat atau makanan tersebut dari mulut anak Anda, segera ambil benda tersebut. Akan tetapi harap diperhatikan ketika mengambilnya.

Untuk mengambil benda yang ada di dalam mulut, bentuk jari Anda seperti kail atau hook. Fungsinya untuk mengambil benda padat tersebut.

Jangan memaksakan diri untuk terus memasukkan jari jika gagal. Hal ini bisa membuat benda tersebut akan tersangkut di tenggorokan dan bisa membahayakan anak Anda.

Jika Anda tidak bisa melihat benda yang ada di dalam mulut anak Anda, maka harus dilakukan cara selanjutnya.

Heimlich Manuever

Heimlich Manuever menjadi salah satu cara yang bisa membantu Anda. Cara Heimlich Manuever ini memang sangat efektif. Teknik ini bisa membantu untuk mengatasi permasalahan tersedak.

Henry Heimlich yang juga ahli bedah dari Amerika merupakan penemu dari teknik pemberian nafas buatan serta mengatasi bahaya tersedak.

Akan tetapi harap dibedakan ketika melakukan Heimlich Manuever antara orang dewasa dengan bayi. Ada beberapa cara untuk melakukan Heimlich Manuever terhadap bayi.

Heimlich Maneuver Posisi Tengkurap

Anda harus duduk terlebih dahulu memposisikan bayi di atas paha Anda. Posisikan bayi Anda dalam keadaan tengkurap dengan dada berada di paha serta kepala lebih rendah dari dada.

heimlich maneuver ke bawah

Telapak tangan menyangga kepala sehingga tidak menempel pada kaki. Kemudian pukul secara perlahan sebanyak 5 kali dengan tumit telapak tangan Anda yang satu lagi di area tulang belikat bahu.

Posisi telentang untuk melakukan Heimlich Maneuver juga bisa diterapkan pada bayi seperti di bawah ini.

Heimlich Maneuver Posisi Telentang

Jika cara diatas gagal, maka segera balik posisi bayi Anda dari posisi tengkurap menjadi berbaring. Kali ini Anda harus dalam keadaan setengah berdiri dengan posisi bayi masih tetap di area paha.

Dan jangan lupa untuk memposisikan kepala lebih rendah dibandingkan dada agar benda yang ada di dalam tenggorokan bisa segera keluar.

heimlich maneuver telentang

Setelah itu tempatkan 2 hingga 3 jari Anda di area dada diantara puting dan diatas tulang dada. Sentakkan jari Anda perlahan-lahan ke area tersebut sebanyak 5 kali dengan cepat.

Teknik ini bisa membantu untuk mengeluarkan benda dari dalam tenggorokan.

Lakukan Bergantian Dengan Cepat

Jika cara tersebut tidak berhasil, lakukan kembali cara ke dua yaitu memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap dan kemudian membaringkan bayi dengan cepat.

Lakukan secara bergantian hingga benda tersebut keluar dari tenggorokan atau mulai terlihat di mulut.

Jika sudah mulai terlihat di mulut, lakukan langkah pertama dengan mengambilnya menggunakan jari seperti yang sudah disebutkan di cara pertama dengan membentuk seperti hook. Kemudian ambil segera benda tersebut.

Lakukan CPR

Cara ini dilakukan ketika bayi sudah mulai kehilangan kesadaran. Lakukan dengan cara yang benar. CPR tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sembarangan.

Anda harus melatih cara melakukan CPR kepada bayi sebagai bentuk penanggulangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

CPR ini bisa membuat benda padat yang tersangkut di tenggorokan keluar. Jika sudah mulai terlihat di mulut, segera ambil dengan perlahan. Jangan tergesa-gesa.

Bawa Ke Rumah Sakit

Setelah benda tersebut keluar, segera bawa ke rumah sakit terdekat. Segera beri penanganan agar bayi Anda kembali sehat dan segar.

Cara tersebut bisa menyelamatkan bayi Anda ketika tersedak benda padat atau makanan yang belum terolah sempurna. Jangan langsung panik, tenangkan diri Anda dan lakukan prosedur di atas.

Referensi

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.