Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mengatasi Bengkak Bekas Suntikan Imunisasi DPT
Cara Mengatasi Bengkak Bekas Suntikan Imunisasi DPT
Gambar Cara Mengatasi Bengkak Bekas Suntikan Imunisasi DPT

Kulit si kecil bengkak pasca imunisasi DPT? Ini cara mengatasi bengkak bekas suntikan imunisasi DPT yang bisa dicoba.

Tak perlu panik berlebihan, sebab kulit yang tampak kemerahan atau bengkak setelah imunisasi DPT adalah hal wajar, dan tidak memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Dikarenakan memiliki beragam manfaat bagi tubuh bayi, tentunya imunisasi tidak akan mendatangkan efek samping berbahaya. Rasa sakit pasca disuntik juga biasanya bersifat ringan dan akan mereda dalam waktu 3-4 hari.

Namun demikian, hal tersebut juga bisa membuat bayi menjadi lebih rewel. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Bengkak Bekas Suntikan Imunisasi DPT

Menghindari Memegang Bekas Suntikan

Ada yang menyarankan agar Anda mengelus area bekas suntikan DPT untuk membuat bengkaknya berkurang? Eits, tunggu dulu! Sebab, yang demikian justru dapat memperparah bengkak yang dialami bayi Anda.

Cara mengatasi bengkak bekas suntikan imunisasi DPT adalah dengan menghindari memegang bekas suntikan. Ini juga berguna untuk menghindari bayi mengalami infeksi sekunder.

Memastikan Kulitnya Selalu Bersih

Sama seperti jenis suntikan imunisasi lain, suntik DPT adalah luka terbuka. Jika tidak dirawat secara tepat, maka bakteri dan virus akan mudah memasukinya.

Tentunya, kondisi ini akan mengganggu kesehatan bayi. Oleh karenanya, Anda harus lebih sering cek bekas suntikan DPT dan membersihkannya.

Memasangkan Kompres

Solusi lainnya, yakni dengan mengompres bekas suntikan DPT menggunakan air dingin. Ini akan membantu bayi agar merasa lebih nyaman. Anda bisa menggunakan fever pacth untuk mengatasi bengkak pada kulit bayi.

Memposisikan Bayi Lebih Tinggi Saat Berbaring

Seperti yang kami singgung di awal, imunisasi DPT bisa menyebabkan bayi menjadi semakin rewel. Hal tersebut karena bayi merasa nyeri di bagian bekas suntikan.

Biar bayi tidur dengan nyenyak Anda bisa memposisikan kulit yang disuntik ke tempat lebih tinggi dari tubuhnya. Tujuannya, untuk menghindari adanya penumpukan aliran darah di daerah yang mengalami pembengkakan.

Mengoleskan Lotion

Obat bengkak pasca imunisasi DPT yang paling direkomendasikan adalah lotion Calamine. Selain itu, Anda juga bisa memberikan obat anti-alergi pada si kecil. Namun sebelumnya, pastikan untuk mengkonsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.

Apabila bekas suntikan DPT mengalami infeksi, maka Anda disarankan untuk memberikan antibiotik. Salah satu pertanda suntikan DPT mengalami infeksi berat adalah bengkak yang bertambah besar dan bernanah.

Pada dasarnya kulit yang membengkak pasca imunisasi DPT adalah salah satu tanda bahwa tubuh bayi mulai membentuk kekebalan terhadap penyakit. Peradangan ini muncul beberapa jam pasca imunisasi DPT dan mereda dengan sendirinya. Namun jika dirasa cukup mengganggu, maka Anda bisa coba cara mengatasi bengkak bekas suntikan imunisasi DPT di atas.

REFERENSI

  • Normalkah Kulit Anak Bengkak Setelah Imunisasi?. Diakses 16 November 2020
  • Jangan Panik, Atasi Bengkak Bekas Suntikan Imunisasi DPT Bayi dengan Cara Ini. Diakses 16 November 2020
  • Foto diambil dari situs lifestyle.okezone.com. Diakses 16 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.