Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Mudah
Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Mudah
Gambar Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Mudah

Tak perlu khawatir jika mendapati si kecil mengalami cegukan, berikut ada cara mengatasi cegukan pada bayi yang mudah bisa dicoba!

Pada dasarnya cegukan bisa menjadi pertanda bahwa bayi tumbuh secara normal. Cegukan merupakan kondisi umum yang terjadi mulai dari bayi baru lahir hingga sudah berusia 1 tahun. Biasanya, penyebab cegukan pada bayi adalah karena bayi makan terlalu banyak atau cepat. Karena yang demikian bisa memicu kontraksi diafragma dan membuat pita suaranya mengalami penutupan lebih cepat.

Meskipun bukan kondisi yang berbahaya, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan cegukan, antara lain sebagai berikut.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi yang Mudah

Mengganti Posisi Menyusui

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan mengganti posisi menyusui. Ketika menyusui biasanya udara akan ikut masuk ke mulut bayi, sehingga yang demikian bisa sebabkan si kecil cegukan.

Jika bayi Anda mengalami cegukan ketika disusui, maka Anda harus mengubah posisi menyusui. Jangan lupa, pastikan putting dan aerola masuk ke mulut bayi dengan benar, lalu diikuti perut bayi yang menghadap ke perut ibu.

Mengelus Punggung Bayi

Cegukan pada bayi juga bisa diatasi dengan cara mengelus bagian punggung bayi. Solusi lainnya adalah dengan menggoyangkan bayi ke depan dan belakang secara perlahan.

Ini akan membantu bayi agar lebih rileks sehingga bisa menghentikan kejang diafragma penyebab cegukan pada bayi.

Membuat Bayi Bersendawa

Bagaimana cara buat bayi bersendawa? Ada cara mudah membuat bayi bersendawa, salah satunya adalah dengan menepuk-nepuk bagian punggung bayi.

Bayi yang bersendawa akan mengeluarkan gas berlebih yang menjadi pemicu terjadinya cegukan. Anda bisa mencoba menggendong bayi dengan posisi seperti berdiri, lalu letakkan bagian kepalanya ke pundak dan tepuk-tepuk punggung bayi secara lembut.

Berikan Makan Sedikit Demi Sedikit

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan umumnya sudah mulai diberikan MPASI, Anda bisa mengatasi cegukan dengan cara memberikan MPASI sedikit demi sedikit.

Memberikan MPASI dalam porsi kecil akan membantu mengurangi masuknya udara ke saluran pencernaan bayi yang bisa menyebabkan cegukan.

Memperhatikan Posisi Botol Susu Bayi

Jika bayi menyusu lewat botol, maka Anda harus memperhatikan posisi botolnya. Saat bayi cegukan Anda harus memberikan botol susu dengan tingkat kemiringan 45 derajat.

Ini adalah posisi terbaik untuk menyusui ketika si kecil mengalami cegukan. Sebab, posisi tersebut membuat susu dapat mengalir dengan lancar sehingga tidak tercampur udara yang menyebabkan bayi cegukan.

Membawa Bayi ke Tempat Hangat

Penyebab bayi cegukan lainnya adalah karena ada perubahan suhu dalam perut bayi. Apabila penyebab cegukan pada bayi Anda karena temperatur urangan yang berubah menjadi dingin, sebaiknya bawa bayi Anda ke tempat yang lebih hangat.

REFERENSI        

  • Jangan Khawatir Saat Bayi Cegukan, Ini Cara Mengatasinya. Diakses 15 November 2020
  • Rekomendasi Obat Cegukan untuk Bayi. Diakses 15 November 2020
  • Foto diambil dari situs doktersehat.com. Diakses 15 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.