Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mengatasi Flu Pada Bayi yang Aman
Cara Mengatasi Flu Pada Bayi yang Aman
Gambar Cara Mengatasi Flu Pada Bayi yang Aman

Di usianya yang masih sangat dini, sistem daya tahan tubuh bayi yang belum sempurna membuatnya gampang banget terserang flu. Setidaknya ada sekitar 100-200 jenis virus penyebab flu pada bayi. Pertanyaannya, bagaimana cara mengatasi flu pada bayi yang aman?

Perlu diketahui, virus menyebar lewat udara. Flu sendiri umumnya ditandai dengan keluarnya ingus, atau cairan jernih dari hidung bayi. Sebenarnya keluarnya ingus merupakan suatu cara singkirkan kuman atau virus dalam tubuh. Tetapi jika ingus yang keluar terlalu banyak, bisa mengganggu sistem pernapasan bayi. Oleh karenanya sebagai orangtua Anda harus tahu cara mengatasi sakit flu pada bayi berikut.

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi yang Aman

Menempatkan Bayi di Ruangan Tanpa AC

Cara mengatasi flu pada bayi yang aman pertama adalah dengan menempatkan bayi Anda di ruangan tanpa AC. Ini akan membantu meringankan hidung yang tersumbat.

Namun demikian, jika bayi lebih nyaman di ruangan AC, Anda bisa menggunakan mesin pelembap udara. Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan uap air panas.

Memanfaatkan Air Garam

Flu pastinya akan sangat mengganggu, oleh karenanya Anda bisa mengencerkan lendirnya dengan memanfaatkan air garam.

Teteskan air garam tersebut ke ujung lubang hidung bayi. Bila perlu Anda bisa menggunakan alat penyedot ingus bayi untuk membersihkan hidungnya.

Tepuk Punggung Bayi Secara Perlahan

Cara aman mengatasi flu pada bayi lainnya adalah dengan menepuk secara perlahan bagian punggung bayi. Ini juga bisa membantu meringankan pernapasan yang tersumbat akibat sakit flu.

Barikan bayi Anda dengan posisi tengkurap di lutut, atau Anda bisa membiarkan bayi duduk di pangkuan dengan condong ke arah depan.

Mengoleskan Petroleum Jelly

Salah satu cara atasi flu pada bayi yang efektif dan aman adalah dengan mengoleskan Petroleum Jelly. Ini merupakan obat flu pada bayi yang bisa diaplikasikan di bagian luar lubang hidung.

Memberikan Teh Hangat

Adapun cara lainnya adalah dengan memberikan teh hangat untuk bayi. Namun demikian, cara tersebut hanya boleh dipraktekkan jika usia bayi di atas 6 bulan.

Teh hangat dipercaya dapat membantu meringankan dan meredakan hidung yang tersumbat.

Flu yang tidak mengganggu pola makan bayi atau aktifitasnya tidak memerlukan tindakan khusus. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan disarankan agar menghindari memberikan obat-obatan bebas.

Apabila Anda memang ingin memberikan obat flu pada bayi, sebaiknya obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter atau bidan. Jika bayi juga mengalami demam, maka Anda perlu konsultasikan dengan dokter atau bidan mengenai kemungkinan memberikan Ibuprofen atau Paracetamol.

Anda tidak disarankan untuk memberikan Aspirin pada bayi. Sebab, yang demikian dapat beresiko sebabkan efek samping yang berbahaya.

REFERENSI

  • 3 Cara Jitu Mengatasi Flu Pada Bayi. Diakses 10 November 2020
  • Bagaimana Cara Mengatasi Pilek pada Bayi?. Diakses 10 November 2020
  • Foto diambil dari situs parenting.dream.co.id. Diakses 11 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.