Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Merawat Bayi Usia 1 Hari Hingga 3 Bulan
Cara Merawat Bayi Usia 1 Hari Hingga 3 Bulan
Gambar Cara Merawat Bayi Usia 1 Hari Hingga 3 Bulan

Cara merawat bayi usia 1 hari hingga 3 bulan ini penting untuk diketahui orangtua. Yang mana merawat bayi diusia yang masih dini seringkali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi orangtua baru. Beberapa hal butuh perhatian tersendiri, apalagi dimomen-momen awal kehidupannya.

Ali Sungkar SpOG (K) adalah seorang dokter Spesialis Obgyn Ahli Fetomaternal Brawijaya Hospital Antasari mengatakan bahwa, 1 hari pertama adalah waktu paling krusial untuk bayi sehingga butuh perawatan khusus dan tepat. Di usia 1 harinya kondisi tubuh dan sistem tubuhnya belum bekerja sempurna.

Tidak hanya itu, di usia 1 hari bayi juga baru beradaptasi dengan cahaya dan udara secara langsung. Jangan heran kalau bayi di usia tersebut akan diobservasi oleh dokter atau pun bidan. Jika seluruh organnya normal, orangtua bisa langsung membawa bayinya pulang.

Cara Merawat Bayi Usia 1 Hari Hingga 3 Bulan

Bayi Usia 1 Hari atau 24 Jam

Cara merawat bayi usia 1 hari hingga 3 bulan adalah orangtua, terutama ibu harus lebih sering membersihkan diri sebelum menyentuh bayi, menghindarkan bayi dari kontak langsung dengan banyak orang, terus menerus mencoba menyusui secara langsung, meminta diajari cara menggendong bayi dengan benar, belajar memandikan bayi dan tidak memberikan MPASI pada bayi usia 1 hari.

Bayi Usia 1 Minggu

Di usia 1 minggu, cara merawat bayi pastinya berbeda saat usianya masih 1 hari. Di usia tersebut Anda hanya perlu Anda disarankan untuk tidur sekamar dengan bayi, sebab di usia ini pola tidur bayi belum beraturan.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek bayi disetiap beberapa menit saat tidur untuk sekadar mengetahui keadaannya. Jangan lupa, pakai sabun mandi head to toe saat memandikan bayi. Disarankan untuk memakaikan pakaian berbahan halus agar kulitnya tidak muncul ruam atau bintik merah pada bayi.

Anda juga harus membersihkan tali pusar bayi agar tidak menimbulkan bau, memperbanyak aktifitas skin to skin dan melakukan vaksinasi hepatitis B dan memberikan vitamin K.

Bayi Usia 1 Bulan

Umumnya, bayi di usia 1 bulan ini masih belum bisa membedakan antara sing dan malam sehingag waktu tidurnya kerap terganggu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengajak bayi bermain untuk melatih penglihatan dan berkomunikasi di siang hari.

Selain itu, Anda juga bisa memadamkan lampu kamarnya untuk membuat tidurnya lebih nyenyak.

Bayi Usia 2 Bulan

Dr. Caesar Pronocitro Sp.A, M.Sc, mengatakan bahwa di usia 2 bulan masa adaptasi awal kehidupannya sudah terlewati. Artinya, cara merawatnya pun berbeda saat usia 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan.

Cara merawat bayi usia 2 bulan adalah dengan mencoba memberikan botol saat menyusui. Anda juga bisa mengajak bayi bermain dengan mainan bersuara atau bernyanyi. Jangan lupa, lakukan vaksinasi DTaP, IPV, Hib, PCV, Rotavirus dan Hepatitis B.

Bayi Usia 3 Bulan

Di usia ini Anda harus lebih sering mengajak bayi bermain untuk membantu menstimulus motoriknya. Jangan lupa untuk membuat jadwal tummy time untuk memperkuat otot leher bayi. Selain itu, di usia tersebut Anda juga perlu mengajari bayi untuk mencuci tangannya sendiri.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.