Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Merawat Kesehatan Kuku dan Jari Bayi Agar Tetap Sehat
Cara Merawat Kesehatan Kuku dan Jari Bayi Agar Tetap Sehat
Gambar Cara Merawat Kesehatan Kuku dan Jari Bayi Agar Tetap Sehat

Sudah seharusnya kuku dan jari bayi mendapatkan perhatian khusus sejak ia dilahirkan. Selain bertujuan agar terlihat rapi, kuku dan jari yang terawat juga akan tetap lembut dan sehat. Karena kuku dan jarinya masih sangat kecil, oleh karenanya Anda perlu berhati-hati dalam merawatnya. Biar lebih mudahnya, simak cara merawat kesehatan kuku dan jari bayi berikut ini.

Cara Merawat Kesehatan Kuku dan Jari Bayi Agar Tetap Sehat

Dibersihkan Saat Mandi

Saat memandikan bayi, jangan lupa untuk membersihkan kuku dan jarinya. Cara membersihkan kuku dan jari bayi mudah sekali, Anda hanya perlu memberikan pijatan lembut pada kuku dan jarinya.

Anda juga bisa mengolesi sabun bayi saat membersihkan kuku dan jarinya. Gosok menggunakan sikat yang lembut, lalu basuh dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

Menggunting Kuku Secara Rutin

Ingat, jangan sampai menunggu kukunya panjang baru Anda mengguntingnya! Sebaiknya Anda gunting kuku bayi secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kukunya.

Di masa tumbuh kembang bayi usia 0-12 bulan kukunya relatif lebih mudah panjang. Sehingga disarankan untuk mengguntingnya dua kali seminggu.

Waktu ideal menggunting kuku bayi adalah setelah selesai mandi. Alasannya, di waktu tersebut kukunya akan lebih lunak.

Memeriksa Kondisi Kuku dan Jari

Cara merawat kesehatan kuku dan jari bayi selanjutnya adalah memeriksa kondisinya secara rutin. Bisa saja kuku dan jarinya tampak bersih, tetapi ternyata menyimpan banyak kotoran, seperti rambut, bulu halus dan lainnya.

Oleh karenanya, Anda disarankan untuk rutin memeriksa dan membersihkan kuku dan jari bayi. Caranya adalah dengan menggunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.

Mengoleskan Lotion

Saat ini sudah ada banyak sekali pilihan lotion bayi yang bisa Anda pilih. Namun disarankan agar Anda memilih yang aman untuk bayi.

Diketahui, lotion tidak hanya diperlukan untuk mengatasi kulit yang terlanjur kering, tetapi juga digunakan untuk mencegah kulit bayi kering dan menjaga kelembapannya.

Anda bisa mengoleskan lotion ke tangan bayi setelah ia selesai dimandikan.

Pakaikan Sarung Tangan Bayi

Cara mudah merawat kuku dan jari bayi lainnya adalah memakaikan sarung tangan bayi. Ini akan membantu melindungi tangannya dan mencegah bayi menggaruk kulitnya.

Namun demikian, Anda tidak disarankan untuk selalu memakaikan sarung tangan bayi setiap saat. Alasannya, ada saatnya tangan bayi perlu aktif menyentuh benda-benda di sekitarnya.

Meski kelihatannya sepele, tetapi menjaga kesehatan kuku dan jari bayi penting agar tetap sehat. Selain itu, hal tersebut juga membantu ciptakan ikatan dan kepercayaan bayi dengan ibu.

Oleh karenanya, Anda tidak boleh sampai lupa untuk menikmati tiap momen merawat kesehatan kuku dan jari bayi.

REFERENSI

  • Bunda, Ini Tips Aman Merawat Kesehatan Kuku dan Jari Bayi. Diakses 1 November 2020
  • 5 Tips Merawat Jari dan Kuku Bayi, Wajib Tahu!. Diakses 1 November 2020
  • Foto diambil dari situs popmama.com. Diakses 1 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.