Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Stimulasi Bayi yang Harus Diketahui
Cara Stimulasi Bayi yang Harus Diketahui
Gambar Cara Stimulasi Bayi yang Harus Diketahui

Bagaimana cara stimulasi bayi? Berikut adalah panduan mudah stimulasi bayi yang harus Anda tahu.

Stimulasi dini diperlukan untuk membantu merangsang tumbuh kembang bayi sejak baru dilahirkan. Sebagai orangtua, Anda sudah semestinya memberikan stimulasi dini kepada si kecil. Aktivitas ini bisa dilakukan setiap hari, dengan begitu sistem indera pendengaran, penglihatan, penciuman, perabaan dan pengecapan bayi bisa dirangsang dengan baik.

Cara Stimulasi Bayi yang Harus Diketahui

Cara stimulasi bayi bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, pastikan untuk memberikan stimulasi yang sesuai dengan usianya. Biar gampangnya, simak langkahnya disini!

Penglihatan

Bayi baru lahir pasti tidak memiliki kemampuan cukup untuk melihat sesuatu dari jarak pandang 20-30 cm. Selain itu, bayi juga tidak bisa membedakan warna, yang terlihat hanya warna hitam dan putih.

Lalu, ketika usianya memasuki 4 bulan, ia biasanya sudah mulai mampu membedakan berbagai warna. Nah, cara stimulasi bayi usia 4 bulan adalah sebagai berikut.

  • Dekorasi kamar bayi dengan berbagai warna cerah
  • Mengobrol dengan bayi meski belum memahami maksud perkataan yang Anda lontarkan
  • Bermain cilukba

Selain itu, Anda juga bisa memberikan bayi berbagai permainan bertekstur seperti cermin anti pecah dan mainan yang dilengkapi musik.

Pendengaran

Sebenarnya sejak masih dalam kandungan bayi sudah dapat mendengar suara orangtuanya. Untuk membantu menstimulasi pendengarannya, Anda bisa mencoba mengajaknya berbicara, bernyanyi atau menceritakan sebuah dongeng.

Selain itu, Anda juga bisa memutar musik dengan irama lembut dan menenangkan. Anda bisa melakuka aktivitas ini setidaknya 10 menit setiap harinya.

Peraba

Salah satu cara mudah stimulasi indera perada bayi adalah dengan memeluk atau menggendongnya. Agar bayi merasa nyaman, Anda bisa mencoba metode kanguru.

Penciuman

Meskipun bayi sudah memiliki kemampuan untuk mencium aroma sejak dilahirkan, tetapi Anda juga bisa merangsang indera penciumannya agar lebih maksimal. Misalnya dengan menggunakan aromaterapi dengan wangi yang lembut seperti daun mint, minyak almond, lavender dan minyak telon.

Cara ini bisa dipraktekkan ketika bayi berusia 6 bulan. Sebab, di usia tersebut bayi sudah mulai menggunakan indera penciumannya untuk menentukan jenis makanan yang disukai atau tidak. Pada tahapan ini pula Anda bisa memberikan makanan yang bervariasi di setiap harinya.

Perasa

Langkah menstimulasi indera perasa bayi baru lahir adalah dengan rutin memberikan ASI secara eksklusif. Anda bisa mengkonsumsi berbagai makanan dengan rasa berbeda. Ini dikarenakan nutrisi dan rasa makanan yang dikonsumsi ibu bisa diserap oleh ASI. Dengan begitu si kecil pun bisa merasakannya.

Ketika bayi memasuki usia 6 bulan, Anda bisa mengenalkannya dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

REFERENSI

  • Cara Mudah Stimulasi Bayi yang Perlu Dipelajari Orang Tua. Diakses 8 November 2020
  • Stimulasi Perkembangan Otak Si Kecil. Diakses 8 November 2020
  • Foto diambil dari situs popmama.com. Diakses 8 November 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.