Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Stimulasi Otak Bayi dengan Mainan Ini!
Cara Stimulasi Otak Bayi dengan Mainan Ini!
Gambar Cara Stimulasi Otak Bayi dengan Mainan Ini!

Bagaimana cara stimulasi otak bayi? Gampang banget! Anda hanya perlu memberikan beberapa atau salah satu dari mainan berikut ini pada si kecil.

Ya, salah satu cara terbaik untuk membantu mengasah kecerdasan otak bayi adalah menstimulasinya dengan mainan. Pada dasarnya stimulasi dapat diberikan kapan pun dan di mana pun. Stimulasi dini merupakan rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru dilahirkan, bahkan sejak dalam kandungan di usia kehamilan 6 bulan.

Namun demikian, saat si kecil sudah dilahirkan berikut ada beberapa mainan untuk stimulasi otak bayi yang bisa Anda berikan untuk buah hati tercinta.

Cara Stimulasi Otak Bayi dengan Mainan

Baby Crib Mobile

Biar si kecil paham dengan berbagai macam warna, cara stimulasi otak bayi paling tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan mainan ini, Baby Crib Mobile. Letakkan saja mainan tersebut dalam boks bayi.

Ini merupakan jenis mainan yang dapat berputar-putar dan mengeluarkan musik yang lembut. Namun demikian, pastikan untuk memilih mainan yang memiliki ornamen, atau mainan dengan warna kontras.

Sebab, hal tersebut akan membantu bayi mengenal warna lebih mudah dan melatih matanya untuk memahami benda yang bergerak.

Pop-Up Book

Ini merupakan jenis buku cerita unik dengan tekstur. Meski si kecil belum paham tulisan atau gambar, tetapi membaca buku dengan jenis ini adalah kebiasaan yang bagus.

Apalagi pop-up book merupakan jenis buku unik yang interaktif. Pop-up book sendiri adalah buku dengan varian tekstur, bersuara dan bahkan buku dengan boneka jari yang sangat menggemaskan.

Tak hanya bisa membacakan cerita, Anda pun bisa membantu bayi mengenal tekstur dan  memperdengarkan suara. Tidak heran jika jenis buku tersebut diklaim mampu mengasah indera perasa bayi dengan baik.

Permainan Bongkar Pasang

Lalu, untuk membantu keterampilan motorik dan imajinasi bayi Anda bisa memberikan permainan bongkar pasang. Ini merupakan jenis permainan seperti lego yang dipercaya dapat melatih motori bayi untuk menggenggam, juga menyatukan balok-balok menjadi satu.

Tidak hanya itu, permainan tersebut juga dapat melatih imajinasi bayi untuk membentuk sesuatu ari balok. Namun demikian, jenis mainan tersebut hanya bisa diberikan pada bayi usia 3 tahun ke atas.

Shorting Shape

Sementara itu untuk membantu bayi memahami berbagai bentuk Anda bisa memberikannya mainan Shorting Shape ini. Jenis permainan tersebut sebaiknya diberikan ketika bayi sudah menginjak usia di atas 1 tahun.

Shorting Shape merupakan permainan yang memiliki lubang dengan berbagai bentuk. Cara memainkannya pun mudah sekali, yakni bayi harus memasukkan balok sesuai bentuk lubang yang ada.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.