Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Daftar Makanan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona yang Efektif
Daftar Makanan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona yang Efektif
Gambar Daftar Makanan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona yang Efektif

Selain di Wuhan, China, wabah infeksi virus corona kini semakin meluas ke beberapa negara, termasuk Indonesia. Sebagai langkah pencegahan penularan virus corona disarankan untuk lebih rajin lagi mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

Virus corona, atau COVID-19 adalah infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus bernama corona. Virus penyebab COVID-19 tersebut pada dasarnya memiliki nama resmi “SARS-CoV-2”.

Penularan virus biasanya terjadi lewat percikan air liur pasien saat bersin, batuk, atau pun berbicara.

Daftar Makanan Untuk Mencegah Penularan Virus Corona yang Efektif

Meskipun sampai saat ini belum ada vaksin, atau obat virus corona yang terbukti ampuh, para peneliti tetap terus berusaha mengembangkan vaksin maupun obat untuk mengatasi virus corona tersebut.

Sebagai langkah pencegahan tertularnya virus corona selain bisa dilakukan dengan menghindari tempat-tempat ramai, mengurangi aktivitas di luar, dan menjaga kebersihan, ternyata mengatur pola makanan sehat menjadi cara paling efektif yang bisa dilakukan.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya makanan yang harus dikonsumsi untuk melawan CODIV-19.

Bawang Putih

Cara ampuh dan efektif mencegah penularan virus corona pertama adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Di dalam bawang putih terkandung 16 g karbohidrat, 4 g kal kalori, 0.2 g protein, 5.4 mg kalsium, 0.9 mg vitamin C, dan 0.1 serat.

Beberapa nutrisi tersebut dipercaya bisa mencegah tertularnya virus corona, sebab bisa membantu menjaga sistem imun dan menurunkan tekanan darah. Juga berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang bisa memperkuat imun tubuh.

Brokoli

Tidak hanya berkhasiat sebagai anti-kanker, berkat kandungan 31 µg vitamin A, 89.2 mg vitamin C, dan 0.78 mg vitamin E yang ada di dalamnya membuat brokoli mampu melawan COVID-19.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “Plant Food for Human Nutrition 2010”, menunjukkan bahwa brokoli efektif mengurangi stress oksidatif yang bisa membuat sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi, hingga menimbulkan kerusakan.

Ikan Salmon

Sudah sejak dulu ikan salmon jauh lebih berkhasiat, sehat, dan aman dibanding jenis ikan lainnya. Nutrisi yang terkandung pada ikan salmon baik bagi tubuh dalam melawan virus corona.

Lihat saja dalam 100 gram ikan salmon mengandung 16 kal kalori, 54 mg kolesterol, dan 2.018 mg omega-3, yang mampu membantu mengurangi radang dan autoimun.

Bayam

Secara umum, nilai kandungan gizi dan nutrisi dalam 100 gram bayam diantaranya 3.5 g protein, 9.400 µg vitamin A, 76.7 mg vitamin C, 483 mg vitamin K, 6.5 g karbohidrat, 45 kal kalori, dan 267 mg kalsium.

Kesemua gizi dan nutrisi tersebut dapat membantu tubuh melawan infeksi sistem imun dalam melawan virus jahat, seperti virus corona.

Artikel di atas memiliki 1 tanggapan. Klik tombol berikut untuk membuka form tanggapan.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.

  • Hasbiah Mustari
    pukul 07:03

    sangat menginspirasi dan menambah pengetahuan.