Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Dampak Positif dan Negatif Susu Formula yang Penting Diketahui
Dampak Positif dan Negatif Susu Formula yang Penting Diketahui
Gambar Dampak Positif dan Negatif Susu Formula yang Penting Diketahui

Sebelum memberikannya ke anak sebaiknya kenali dampak positif dan negatif susu formula berikut ini!

Di masa pertumbuhannya, susu formula memang tidak bisa lepas dari kehidupan anak – anak, baik saat sarapan, makan siang maupun makan malam. Dalam konsep 4 sehat 5 sempurna, susu menjadi pelengkap yang akan menyempurnakan makanan lainnya.

Americans Academy of Pedricatics berpendapat bahwa, dalam setiap harinya anak disarankan untuk mengkonsumsi 24 ons susu.

Dampak Positif dan Negatif Susu Formula yang Penting Diketahui

National Academy of Sciences menyebutkan bahwa, susu formula mengandung nutrisi yang hampir sama dengan ASI, sehingga cocok untuk bayi. Protein adalah jenis nutrisi terbaik yang dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya.

Kandungan protein pada susu formula terbagi menjadi dua, yakni whey dan casein. Disarankan agar memilih susu formula dengan komposisi whey lebih tinggi dari casein, yakni 60:40. Ini adalah rasio yang setara dengan kandungan protein pada ASI.

Namun sebelumnya, sebaiknya ketahui terlebih dulu dampak positif dan negatif susu formula pada bayi. Faktanya, 60% otak terdiri dari lemak, lemak yang terkandung di dalam susu formula ternyata sangat dibutuhkan untuk menunjang perkembangan otak anak.

Seperti yang diketahui biasanya di umur balita, anak cenderung lebih memilih makanan. Apalagi jika dia belum familiar, yang ada justru mereka menolak menu makanan yang diberikan dan hanya makan menu yang disukai.

Disinilah susu formula berperan untuk mengisi perut kosong saat anak tidak nafsu makan, atau hanya makan dalam porsi kecil sehingga kebutuhan nutrisi hariannya tetap terpenuhi.

Sayangnya, meskipun susu formula terbukti memiliki banyak dampak positifnya, Anda tetap harus menjaga porsi susu yang dikonsumsi anak. Pasalnya, kini banyak susu formula yang mengandung gula alami cukup banyak.

Pengkonsumsian gula yang berlebih bisa berakibat buruk pada kesehatan si kecil. Beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang jika anak mengkonsumsi banyak gula diantaranya diabetes, kolesterol, obesitas dan gangguan pencernaan.

Pada kasus lain, pengkonsumsi gula berlebih juga dapat memicu alergi, jerawat dan eksim, hingga mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh anak.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.