Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Untuk Membuat Bayi Tetap Tenang Ketika Ganti Popok
Ganti Popok Bayi
Gambar Ganti Popok Bayi

Mengganti popok menjadi salah satu hal yang cukup melelahkan bagi Bunda. Pasalnya terkadang bayi kerap tidak tenang dan juga selalu rewel ketika diganti popoknya.

Hal ini membuat Bunda harus ekstra keras ketika harus mengganti popok. Akan tetapi ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan ketika mengganti popok.

Mengalihkan Perhatian

Alihkan perhatian si bayi ketika Bunda hendak mengganti popok. Caranya dengan mengajak si kecil bercanda atau berbincang-bincang. Meski sang buah hati belum bisa berbicara, akan tetapi ketika Bunda berkomunikasi, si kecil mampu menangkap apa yang Bunda katakan dan merespon dengan baik.

Dengan mengalihkan perhatian, tentu saja akan membuat si kecil tidak akan rewel dan tetap tenang ketika Bunda sudah menggantikan popoknya.

Bercanda

Selain mengalihkan perhatian, Bunda bisa mengajak bercanda sang buah hati. Bunda bisa melakukan hal-hal lucu yang akan membuat si kecil tertawa.

Ketika tertawa, sudah pasti si mungil akan teralihkan perhatiannya. Dan ini merupakan kesempatan bagi Bunda untuk mengganti popok dengan mudah.

Siapkan Popok yang Mudah Dipakai dan Dilepas

Siapkan popok yang mudah digunakan. Cara ini bisa membantu Bunda untuk mengganti popok si buah hati lebih mudah dan cepat. Sekarang ini sudah banyak varian popok yang bisa digunakan untuk si mungil. Mulai dari popok biasa hingga popok berbentuk celana.

Dengan menggunakan popok yang mudah dipakai dan dilepas, pastinya akan membuat Bunda bisa langsung mengganti dengan cepat dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Sehingga si kecil bisa tetap tenang.

”Ganti

Menggunakan Musik

Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan memperdengarkan musik yang bisa membuat bayi tetap tenang. Pilih musik yang sudah biasa Bunda gunakan untuk menenangkan bayi. Musik-musik tertentu bisa dipakai untuk membuat si kecil tetap tenang.

Dengan memperdengarkan musik, tentu saja akan memudahkan Bunda untuk mengganti popok dan si kecil tidak akan terasa jika popok sedang diganti. Cara yang sangat efektif dan mudah

Tinggalkan Ponsel

Fokus kepada si kecil ketika mengganti popok. Jangan bermain handphone ketika sedang mengganti popok. Usahakan untuk melepas ponsel dan tinggalkan sejenak aktifitas dengan ponsel kala mengganti popok. Hal ini bisa membuat Bunda fokus serta mengganti popok dengan mudah.

Lakukan Dengan Rapi

Tempatkan popok baru dan lama di tempat yang berbeda. Lakukan semuanya dengan rapi dan terorganisir. Cara ini sangat efektif untuk membuat Bunda lebih cepat mengganti popok si buah hati.

Bukan hanya popok saja, tisu dan juga minyak telon serta perlengkapan lainnya juga harus disusun dengan rapi agar memudahkan Bunda.

Siapkan Handuk dan Tisu

Jangan lupa untuk menyiapkan handuk dan tisu untuk membersihkan kotoran yang masih menempel pada bayi. Jangan sampai tersisa dan seka dengan bersih. Hal ini akan membuat bayi tetap tenang dan tidak akan rewel ketika diganti popoknya.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.