Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Ini Dia Kandungan Susu Formula Untuk Tumbuh Kembang Anak
Ini Dia Kandungan Susu Formula Untuk Tumbuh Kembang Anak
Gambar Ini Dia Kandungan Susu Formula Untuk Tumbuh Kembang Anak

Penting untuk memilih susu formula yang tepat guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Pastikan untuk memilih susu formula yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Disamping itu, susu formula tersebut juga harus mengandung segala asupan yang dapat menjaga kesehatannya dari dalam. Untuk itu, Anda sebaiknya ketahui kandungan susu formula yang baik untuk anak.

Ini Dia Kandungan Susu Formula Untuk Tumbuh Kembang Anak

Omega-3 dan Omega-6

Susu formula sebaiknya mengandung 1800 mg omega-3 dan 900 mg omega-6 untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Alasannya, jenis lemak jenuh tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Selain itu, omega-3 dan omega-6 baik untuk menjaga kesehatan kulit, kuku, hormon, dan rambut anak. Keduanya bahkan berperan dalam mencegah kerusakan sel tubuh.

Prebiotik

Dikenal berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik agar jumlahnya tetap terjaga. Kandungan susu formula prebiotik yang dibutuhkan anak pada susu formula adalah sekitar 1000 mg.

Prebiotik juga dapat dikatakan sebagai penyempurna sistem pencernaan anak agar terhindar dari sembelit. Tidak hanya itu, prebiotik juga dapat mengurangi kejadian dan durasi infeksi pada saluran pernapasan (Plasebo).

Probiotik

Penelitian yang dilakuka oleh WAO (Organisasi Alergi Dunia) menyebutkan bahwa, probiotik pada susu formula dapat mencegah eksim pada bayi. Probiotik sendiri merupakan mikroorganisme hidup dengan kemampuan memberi efek kesehatan pada organisme lain.

Lactobacillus dan Bifidobacterium adalah contoh probiotik paling umum. Adapun manfaat utama probiotik adalah dapat melancarkan kinerja sistem pencernaan anak.

AA (Arachidonic Acid)

Ini adalah asam lemak tak jenuh yang penting bagi organ saraf pusat. Zat AA dibutuhkan dalam proses pembentukan jaringan otak dan perkembangan otak anak.

Susu formula yang mengandung AA dikenal baik untuk mencerdaskan anak. Sekitar 0.5% kandungan AA dari total lemak susu formula dibutuhkan secara teratur untuk membantu otak anak berkembang optimal.

DHA (Docosahexaenoic Acid)

Ini adalam asam lemak yang dapat ditemukan diseluruh tubuh, yakni sekitar 97% pada lemak omega-3 di otak dan 93% pada lemak omega-3 di mata. Dalam susu formula terkandung DHA yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

DHA bermanfaat untuk perkembangan otak dan indera penglihatan. DHA bahkan menjadi komponen penting pada jantung, oleh karenanya pastikan untuk memilih susu formula yang mengandung DHA.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.