Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Ini Makanan Untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi
Ini Makanan Untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi
Gambar Ini Makanan Untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Pada usia berapa gigi susu bayi biasanya muncul? Umumnya, diusia 4-8 bulan gigi susu bayi mulai muncul. Ini adalah tahapan penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Anda bisa memberikan sejumlah makanan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi.

Namun perlu Anda tahu, bahwa saat pertama kemunculan giginya, bayi akan merasa tidak nyaman, menjadi lebih rewel dan sering menangis tanpa alasan jelas.

Ini Makanan Untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi

Pada dasarnya ada beberapa tanda kemunculan gigi susu pada bayi, antara lain sebagai berikut.

  • Dorongan kuat untuk menggigit
  • Susah makan
  • Intensitas air liur yang keluar meningkat
  • Sering menangis
  • Menjadi lebih rewel
  • Tidur terganggu
  • Demam
  • Diare
  • Pilek
  • Batuk

Dan di bawah ini adalah makanan terbaik untuk merangsang pertumbuhan gigi pada bayi yang bisa diberikan pada buah hati tercinta.

Ubi Merah

Kaya akan kandungan vitamin A, ubi merah adalah makanan pertama yang dapat rangsang pertumbuhan gigi susu bayi. Tidak hanya itu, ibu merah juga akan menjaga gusi menjadi lebih sehat.

Diketahui, kandungan vitamin A yang ada di dalam ubi merah bersifat antioksidan. Antioksidan sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan gusi dan memerangi bakteri penyebab peradangan di gusi. Tidak hanya itu, vitamin A juga baik untuk kesehatan mata.

Cara mendapatkan manfaat ubi merah untuk merangsang pertumbuhan gigi anak mudah sekali, Anda bisa mengolahnya menjadi puree.

Brokoli

Selain ubi merah, brokoli juga baik untuk gusi dan gigi bayi. Bagaimana tidak, brokoli dikenal sebagai sayuran kaya kalsium, folic acid dan beragam mineral.

Tidak hanya itu, di dalam brokoli juga terkandung vitamin C yang tinggi. Tak ayal, brokoli baik untuk menjaga kesehatan gusi agar tidak sensitif.

Anda bisa memberikan brokoli sebagai MPASI bayi, misalnya mengolahnya sebagai sup atau merebusnya, tapi tidak terlalu lunak agar sedikit renyah sehingga bayi bisa mengunyah menggunakan gusinya.

Keju Tua

Di supermarket ada banyak sekali dijual keju tua, seperti parmesan dan cheddar. Keju tua ini sangat tinggi kalsium dan mineral fosfor yang berjasa besar dalam merangsang pertumbuhan gigi dan memperkuat gigi.

Silakan campurkan parutan keju tua pada MPASI bayi untuk menambah rasa. Atau, Anda juga bisa memotongnya panjang-panjang sebelum disuguhkan sebagai camilan.

Ikan Laut

Ikan laut dikenal tinggi vitamin D yang bertugas membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik. Oleh karenanya Anda bisa memberikan ikan laut pada bayi secara rutin untuk merangsang tumbuh giginya.

Adapun jenis ikan laut yang bisa dipilih antara lain tuna, salmon atau mackerel.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.