Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Inilah Hormon Penting Dalam ASI Untuk Dukung Tumbuh Kembang Bayi
Inilah Hormon Penting Dalam ASI Untuk Dukung Tumbuh Kembang Bayi
Gambar Inilah Hormon Penting Dalam ASI Untuk Dukung Tumbuh Kembang Bayi

Dalam ASI mengandung gizi dan nutrisi lengkap, yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi. Di dalamnya pun, terkandung banyak hormon yang tidak bisa ditemukan dalam susu formula.

Mau tahu apa saja hormon penting dalam ASI? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Hormon Penting Dalam ASI Untuk Dukung Tumbuh Kembang Bayi

Beta-edorphin

Hormon penting dalam ASI pertama adalah Beta-endorphin. Ini merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh.

Hormon tersebut diyakini mampu membuat bayi dapat mengatasi stress saat lahir dan menyesuaikan diri dengan kehidupan barunya di luar rahim.

Relaxin

Ini adalah hormon di dalam ASI yang muncul setelah beberapa minggu pasca melahirkan. Relaxin memiliki fungsi yang berkaitan dengan kesehatan perut dan usus bayi.

Erythropoietin (EPO)

Sel darah merah
Sel darah merah

Selanjutnya ada Kadar beta-endorphin, yang berfungsi untuk membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh bayi. Dibuat oleh ginjal, hormon Erythropoietin akan memberikan sinyal tubuh untuk membuat lebih banyak sel darah merah.

Mengalir di dalam ASI, hormon tersebut juga membantu merangsang produksi sel darah merah pada bayi baru lahir.

Kortisol

Disebut juga sebagai hormon stress, kortisol di dalam ASI dapat berpengaruh pada jumlah sekresi Imunoglobulin A atau IgA. Ini merupakan antibodi alami yang akan memberi perlindungan pada tubuh bayi terhadap berbagai penyakit.

Leptin

Lalu untuk jenis hormon Leptin sendiri dibuat jaringan lemak tubuh dan memiliki tugas penting untuk mengontrol nafsu makan, berat badan, hingga banyaknya energi yang digunakan tubuh.

Leptin dalam ASI dibutuhkan untuk mencegah bayi mengalami obesitas, atau kegemukan.

Prolaktin

Dihasilkan saat persalinan, hormon Prolaktin dalam ASI memiliki fungsi penting, yakni bertanggung jwab terhadap produksi ASI. Namun setelah berhari – hari menyusui, hormon tersebut akan mengalami penurunan sangat cepat.

Hormon Tiroid: TSH, T3, dan T4

Diproduksi kelenjar tiroid, hormon penting dalam ASI tersebut memiliki banyak fungsi penting, bahkan dapat mempengaruhu setiap sistem di dalam tubuh bayi.

Fungsi terpenting hormon Tiroid adalah mengontrol tubuh untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Selain itu, hormon Tiroid juga bertugas untuk mengatur pernapasan, pencernaan, suhu tubuh, hingga detak jantung.

Epidermal Growth Factor (EGF)

Pertumbuhan bayi
Pertumbuhan bayi

Ini adalah hormon yang berperan penting dalam merangsang pertumbuhan sel di dalam tubuh bayi. Selain di dalam ASI, Epidermal Growth Factor juga banyak ditemukan di dalam air liur, darah, dan cairan amniotik.

Hormon Epidermal Growth Factor dibutuhkan, terutama pada bayi yang lahir secara premature.

Diketahui, bahwa ASI merupakan makanan dan minuman utama bagi bayi. ASI bahkan menjadi sumber gizi dan nutrisi utama bayi baru lahir yang belum bisa mencerna makanan padat.

Dalam 100 gram ASI terkandung sekitar 4.4 g lemak, 17 mg natrium, 1 g protein, 212 IU vitamin A, 32 g kalsium, 3 IU vitamin D, 3 mg magnesium, dan 5 mg vitamin C. Kesemua gizi dan nutrisi tersebut dibutuhkan bayi untuk tumbuh kembangnya dengan baik.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.