Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Langkah Pencegahan Virus Corona di Rumah yang Efektif
Langkah Pencegahan Virus Corona di Rumah yang Efektif
Gambar Langkah Pencegahan Virus Corona di Rumah yang Efektif

Meskipun tergolong baru, korban dari virus corona sudah ada diangka yang sangat memprihatikan. Anda dan keluarga pastinya tidak ingin terkena penyakit infeksi yang sedang mewabah ini, kan? Berikut adalah langkah pencegahan virus corona di rumah yang bisa Anda coba lakukan.

Langkah Pencegahan Virus Corona di Rumah yang Efektif

Virus corona adalah jenis penyakit yang termasuk dalam golongan virus penyebab SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle-East Respiratory Syndrome). Disebut dengan COVID-19, infeksi virus corona ini pertama kalinya terjadi di Wuhan, China, tetapi belakangan ini telah banyak ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Juga termasuk dalam jenis penyakit menular, virus corona kemungkinan besar menular lewat percikan dahak ketika batuk dan bersin. Gejala terinfeksi virus corona paling umum memang mirip seperti gajala flu biasa, seperti demam, batuk, dan pilek.

Tetapi beberapa hari setelahnya, kondisi tersebut semakin diperparah dengan munculnya masalah kesehatan lain, seperti sesak napas akibat infeksi pneumonia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau agar masyarakat senantiasa melakukan tindak pencegahan virus corona dari rumah, misalnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cuci Tangan Lebih Sering

Mencuci tangan lebih sering dengan benar menjadi langkah efektif mencegah virus corona dari rumah. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Pastikan semua bagian tangan tercuci sampai bersih, termasuk sela-sela jari, kuku, dan bagian punggung juga pergelangan tangan. Setelah itu, gunakan tisu untuk mengeringkan tangan.

Buat para pekerja komuter pastinya akan lebih sulit lagi untuk menemukan sabun dan air mengalir. Sebagai alternatifnya Anda bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer, yang mengandung alkohol minimal 60%.

Anda perlu mencuci tangan, baik sebelum maupun setelah makan, setelah menyentuh hewan peliharaan, menggunakan toilet umum atau pribadi, membuang sampah, dan lain-lain. Bagi ibu menyusui, Anda diharuskan mencuci tangan terlebih dulu sebelum menyusui atau memerah ASI.

Memakai Masker Saat Bepergian

Setidaknya ada dua tipe masker yang bisa dipilih sebagai tindak pencegahan virus corona di rumah, yakni masker N95 dan masker bedah, atau surgical mask. Khususnya untuk jenis masker beda sendiri adalah jenis masker yang paling umum digunakan, mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan pastinya aman dipakai.

Meksipun tidak sepenuhnya efektif cegah infeksi virus corona, namun penggunaan masker ini dapat menurunkan resiko penyebaran virus corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi mereka yang sedang sakit ketimbang pada orang yang sehat.

Lalu, untuk jenis masker N95 adalah jenis yang dibuat secara khusus untuk saring partikel berbahaya yang bertebaran di udara. Ini merupakan jenis masker yang paling direkomendasikan untuk cegah infeksi corona.

Menjaga dan Meningkatkan Daya Imunitas Tubuh

Daya imunitas tubuh yang kuat dipercaya dapat mencegah berbagai jenis penyakit, termasuk virus corona. Nah, untuk menjaga dan meningkatkan daya imunitas tubuh disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, dan beberapa makanan berprotein tinggi, contohnya telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, Anda juga harus rutin dan rajin lagi berolahraga maupun beraktifitas fisik. Disarankan agar Anda menghindari konsumsi minuman beralkohol, tidak merokok, dan mengkonsumsi suplemen.

Menghindari Pergi ke Negara Terjangkit

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, virus corona sudah mewabah di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Malaysia, Vietnam, Hongkong, Jepang, Taiwan, Filipina, India, Korea Selatan, Singapura, Eropa, dan Indonesia.

Agar Anda tidak tertular virus corona, disarankan untuk tidak bepergian ke tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus tersebut.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.