Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Bagaimana Caranya Membuat Bayi Tetap Anteng Selama Perjalanan Jauh
perjalanan bersama bayi
Gambar Bayi traveling

Ada kalanya liburan untuk menghilangkan penat sangat dibutuhkan oleh Bunda yang baru saja melahirkan. Sibuk dengan urusan si buah hati tentu saja membuat Bunda sangat ingin bepergian bersama si kecil.

Akan tetapi seringkali terbersit pikiran untuk menunda diakibatkan tidak ingin membuat sang buah hati rewel. Ada cara dan tips tersendiri untuk menikmati liburan dengan perjalanan jauh dan tidak membuat si kecil rewel. Berikut cara tersebut.

Pastikan kondisi bayi

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi bayi Anda sudah sangat siap dan tidak sedang dalam kondisi sakit. Jika kondisi sang buah hati benar-benar siap, maka Bunda bisa mengajak si kecil untuk bepergian serta liburan.

Akan tetapi jika si buah hati sedang rewel atau menunjukkan gejala-gejala kurang enak badan, maka rencana liburan harus benar-benar ditunda hingga si kecil sehat kembali.

Tentukan waktu

Menentukan waktu yang dimaksud adalah dengan menyusun jadwal pergi dengan jadwal tidur si buah hati. Ada baiknya untuk bepergian dan berada di jalanan ketika si kecil tidur.

Hal ini bisa mengurangi kerewelan dari anak-anak. Dengan menyesuaikan jadwal tidur mereka, praktis membuat Bunda bisa tenang sejenak.

”perjalanan

Perlengkapan Bayi

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan bayi ketika Bunda bepergian. Perlengapan bayi seperti popok dan lainnya sudah pasti menjadi barang wajib. Akan tetapi jangan lupakan pula mainan, selimut, hingga beberapa perlengkapan pengantar tidur yang bisa membuat si kecil terlelap.

Jika si kecil kerap mendengarkan lagu pengantar tidur atau hal-hal lainnya, jangan lupa dibawa selama bepergian dan liburan. Hal ini akan sangat membantu Bunda guna menina bobokan si buah hati selama perjalanan.

Bawa Dot

Jika Bunda bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, siapkan dot untuk dihisap ketika perbedaan tekanan udara. Terkadang telinga akan cukup sakit atau berdengung. Bunda bisa memberikan dot kepada si kecil agar telinga kembali normal. Jika memungkinkan segera berikan ASI kepada si kecil.

Car Seat

Jika Bunda bepergian menggunakan kendaraan pribadi, maka siapkan car seat dan letakkan di bagian kursi belakang. Jangan diletakkan di kursi depan terutama jika tidak memiliki airbag.

Jangan lepaskan si kecil selama perjalanan. Biarkan ia tetap berada di car seat selama mobil masih berjalan. Jika terpaksa untuk memberikan ASI, maka hentikan kendaraan terlebih dahulu. Atau berikan sesuatu untuk dihisap.

Liburan Di Dekat Rumah

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan adalah dengan liburan di dekat rumah. Misalnya di halaman rumah atau di taman dekat kompleks tempat tinggal Bunda.

Cara ini bisa sekaligus memperkenalkan sang buah hati ke dunia luar. Selain itu Bunda tidak perlu repot-repot mempersiapkan segala sesuatu bagi si buah hati. Cukup perlengkapan bayi yang penting saja.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.