Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Cara Mencegah Diare Agar Tidak Menyerang Bayi
anak kecil makan
Gambar

Diare menjadi momok menakutkan bagi Bunda yang memiliki bayi. Penyakit ini bisa berakibat fatal dan membuat bayi meninggal. Tercatat angka 31,4 persen dari Dinas Kementrian Kesehatan bahwa diare menjadi penyebab bayi meninggal. Ada banyak penyebab diare yang menyerang anak-anak di bawah usia 1 tahun.

Mulai dari faktor makanan, virus hingga kebersihan yang kurang terjaga sehingga bayi harus mengalami penyakit diare tersebut. Bagi Bunda yang memiliki bayi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah diare. Berikut beberapa tips tersebut.

Perhatikan Makanan yang Menyebabkan Alergi

Alergi terhadap makanan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab diare. Untuk mengetahui makanan yang bisa menyebabkan alergi, Bunda bisa melakukan pengecekan setiap buah hati Bunda mencret atau muntah. Hal ini bisa menjadi salah satu pertanda bayi Bunda alergi terhadap makanan yang dikonsumsi.

Perhatikan Kualitas Volume ASI

ASI memberikan peran yang penting untuk buah hati. Kekurangan ASI menjadi salah satu penyebab bayi akan terkena dehidrasi. Hal ini juga bisa memicu diare yang cukup tinggi dan berbahaya. Perhatikan volume ASI yang diberikan kepada bayi.

Pastikan bahwa buah hati Bunda mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup. Tidak terlalu banyak dan juga kurang. Bisa juga diselingi dengan MPASI ketika memasuki usia 6 bulan. Cara ini sangat efektif untuk menghindarkan bayi dari diare.

Mencegah Diare Bayi
Mencegah Diare Bayi

Perhatikan Kebersihan Makanan

Makanan MPASI yang digunakan untuk mendampingi ASI juga harus diperhatikan kebersihannya. Jangan sembarangan membersihkan bahan-bahan makanan MPASI yang akan digunakan. Semua harus dicuci dengan bersih dan juga tidak mengandung virus.

Usahakan sayur dan buah harus organik tanpa adanya bahan-bahan kimia. Bahan kimia jelas mengandung unsur racun yang berbahaya bagi manusia. Dan tentu saja bayi bisa terkena dampaknya.

Membersihkan Tangan

Selain dari makanan, Bunda juga harus memperhatikan dari diri sendiri. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan terutama membersihkan tangan ketika hendak menyuapi MPASI atau memberikan ASI.

Terkadang virus menular dari tangan atau badan dari Bunda. Hal ini yang juga harus menjadi kesadaran bagi para Bunda. Jangan malas untuk mencuci tangan sebelum menyuapi bayi.

Membersihkan Tempat Makan Dengan Baik

Selain membersihkan dan mencucui tangan, membersihkan tempat makan dan juga peralatan makan bisa membantu untuk mencegah diare. Bekas sisa-sia makanan yang tidak tercuci dengan baik akan mengundang bakteri jahat yang ada di udara sekitar rumah.

Hal ini bisa berbahaya untuk pencernaan dan sistem imun dari bayi Anda. Mencuci dengan bersih semua perlengkapan makan, bisa mencegah bayi dari terkena serangan bakteri dan virus.

Membersihkan Mainan

Mainan bisa menjadi salah satu jembatan bakteri dan virus untuk masuk ke dalam pencernaan. Bayi biasanya akan menggigit atau memasukkan mainan ke dalam mulut mereka.

Jika Anda tidak membersihkan atau meletakkan mainan tersebut di area yang bersih, akan mudah bagi bakteri untuk langsung masuk ke dalam mulut melalui tangan atau ketika mainan digigit.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.