Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI
Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI
Gambar Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI

Kapan waktu yang tepat untuk memulai MPASI? Berikut adalah tanda bayi sudah siap MPASI yang harus Anda tahu.

Di usia 6 bulan adalah saat yang tepat untuk memberikan MPASI kepada bayi. Namun, pemberian MPASI pada bayi usia 6 bulan ini harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Artinya, Anda tidak disarankan memberikan makanan padat atau minuman selain ASI, maupun susu formula sebelum bayi berusia 6 bulan. Sebab, diusia tersebut biasanya bayi lebih beresiko mengalami alergi yang diakibatkan oleh makanan yang ia konsumsi.

Mengetahui Tanda Bayi Sudah Siap MPASI

Bayi Bisa Duduk Tegak Tanpa Bantuan

Dr. Eva Kurniawati, M.Gizi, SpGK mengatakan, “Anda boleh-boleh saja memberikan MPASI saat bayi berusia 6 bulan, atau ketika bayi sudah bisa duduk dengan tegak sendiri tanpa bantuan”.

Hal demikian menjadi tanda bayi sudah siap MPASI. Makanan bisa dicerna dengan baik oleh tubuhnya ketika tubuh bayi dalam posisi duduk tegak, bukan berbaring.

Bayi Tak Lagi Mendorong Makanan Keluar

Ketika bayi Anda sudah memiliki reflek untuk menjulurkan lidah, kemudian tertarik saat melihat orang makan dan mencoba meraih makanan yang ada dihadapannya menjadi pertanda bahwa bayi sudah siap diberi MPASI.

Ya, diusia 6 bulan, reflek lidah bayi telah berubah. Yakni, bayi tak lagi mendorong makanan keluar dari mulut.

Bayi Mau Mengunyah Makanan

Selama 6 bulan awal kehidupannya, pada beberapa kasus bukan berarti bayi sudah bisa mulai MPASI. Bayi sebaiknya hanya mengkonsumsi ASI atau susu formula saja.

Namun demikian, saat bayi sudah mau mengunyah artinya ia sudah siap diberikan MPASI. Tapi, jika MPASI diberikan lebih awal maka akan mengganggu sistem pencernaan bayi.

Kemampuan Pincer Graps yang Sudah Berkembang

Pada dasarnya 6 bulan adalah usia yang paling tepat untuk bayi memulai MPASI. Alasannya, diusia ini kemampuan pincer graps bayi sudah berkembang dengan baik.

Ini adalah kemampuan yang terjadi ketika bayi mengambil makanan atau benda lain menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Hal tersebut menunjukan bahwa bayi telah siap MPASI.

Bayi Mencoba Meraih Makanan

Ketika bayi merasa sangat lapar biasanya ia akan menangis. Tetapi, saat perutnya kenyang, bayi pastinya tidak akan lagi tertarik meski ada makanan dihadapannya.

Namun, saat masuki usia 6 bulan, bayi akan mulai tertarik dan ingin bergabung dengan Anda saat sedang makan. Bayi akan mencoba mengambil makanan yang dilihatnya dan berusaha memasukan makanan tersebut ke dalam mulutnya.

Tapi, jika sudah berusia 6 bulan bayi belum juga menunjukan keinginan untuk makan, maka hal yang harus Anda lakukan adalah mencoba untuk sesering mungkin menunjukan makanan didekatnya. Dengan begitu, Anda telah memberinya stimulus secara psikologis.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.