Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Menu MPASI Pertama: MPASI Tunggal Atau 4 Bintang?
Bayi Makan MPASI
Gambar Bayi Makan MPASI

MPASI Pertama Metode Tunggal

MPASI tunggal baik itu untuk 7 hari, 14 hari, maupun 30 hari pertama tidak pernah ada dalam panduan MPASI WHO manapun. Sudah pernah dibahas juga dalam fakta menu tunggal MPASI yang ditulis oleh Mommiesdaily.com.

Kemunculan istilah MPASI tunggal ini kemungkinan hanya buatan orang Indonesia saja. Namun, ada sisi baiknya juga menerapkan MPASI tunggal hanya jika terdapat kondisi sebagai berikut.

Orang Tua Dengan Sejarah Alergi

Menurut Dr. Meida Tanikusumah, Sp.A, pada tahun pertama dalam kehidupan, sebanyak 6% anak kurang dari 3 tahun mengalami alergi. Di Indonesia sendiri angka kasus alergi bertambah sebanyak 30% setiap tahunnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Jennifer Koplin pada tahun 2013, dibandingkan dengan keluarga yang tidak memiliki sejarah alergi sama sekali, keluarga yang memiliki satu anggota keluarga yang alergi dapat meningkatkan risiko kemungkinan anak terkena alergi sebanyak 40%. Sedangkan apabila ada dua anggota keluarga yang alergi, maka risiko kemungkinan anak terkena alergi juga adalah sebanyak 80%.

Data di atas menunjukkan bahwa alergi pada orang tua bisa menurun ke anak. Bahkan jika orang tua tidak alergi pun, tetapi sepupu orang tua tersebut ada alergi, maka anak juga bisa mengidap alergi. Oleh karenanya di sinilah menu MPASI tunggal bisa jadi pilihan awal dalam memberikan makanan pertama untuk bayi.

Menu MPASI tunggal tidak usah lama-lama diberikan, cukup 2-4 hari dengan menu MPASI yang berbeda selama hanya sekedar untuk pengenalan rasa.

Bayi Tidak Mau Makan Sama Sekali

Foto Bayi GTM tidak mau makan sama sekali

Ada kasus ketika bayi tidak mau makan MPASI campuran atau 4 bintang, tidak ada cara lain lagi yaitu dengan memberikan MPASI bermenu tunggal terlebih dahulu.

Perlu diketahui terlebih dahulu mengapa bayi tidak mau makan MPASI campuran sama sekali. Apakah rasanya tidak enak? Apakah baunya tidak menyenangkan? Apakah kondisi lambung atau usus bayi belum siap meskipun sudah berusia 6 bulan?

Ada pula kondisi yang namanya gerakan tutup mulut atau disingkat GTM. Kondisi tersebut dijelaskan dalam artikel cara mengatasi GTM.

Kelebihan dan Kekurangan MPASI Menu Tunggal

Kelebihan MPASI pertama dengan menu tunggal adalah bayi relatif lebih mudah menerima atau menolaknya karena ada preferensi rasa di situ. Kalau misalnya dia suka kentang maka akan sangat mudah memberikan kentang, tetapi kalau tidak suka ikan dia juga bakal lebih mudah menolaknya.

Kekurangan MPASI menu tunggal adalah kebutuhan nutrisi dan energi bayi tidak tercukupi dengan benar.

Misalnya, pagi ini wortel dicampur EVOO, dan sorenya kiwi. Nutrisi vitamin A dan vitamin C mungkin tercukupi tapi kebutuhan energinya tidak karena tidak ada karbohidrat dan zat besi di situ.

Bagaimana dengan tambahan ASI? Perlu diingat kandungan energi, zat besi, dan nutrisi ASI bagi bayi 6 bulan ke atas sudah tidak mencukupi lagi. Sehingga ditambah ASI pun, MPASI tunggal tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Halaman selanjutnya membahas tentang pemberian menu MPASI pertama dengan metode empat bintang. Ada juga kekurangan dari metode empat bintang, tetapi kekurangan ini wajar karena pasti akan dialami oleh seluruh bayi yang telah berusia 6 bulan.

Halaman 1 2 3

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.