Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Menu MPASI Pertama: MPASI Tunggal Atau 4 Bintang?
Bayi Makan MPASI
Gambar Bayi Makan MPASI

MPASI Pertama Metode 4 Bintang

Sama seperti MPASI tunggal, MPASI 4 bintang juga tidak ada disebutkan dalam dokumen resmi WHO. MPASI 4 bintang cuma istilah yang dibuat-buat oleh sebagian orang Indonesia saja. Hanya saja istilah tersebut berguna dalam mengkategorisasikan dan mengingat jenis makanan yang diperlukan oleh bayi.

Makanan 4 Bintang

Ada empat tipe bahan makanan yang harus digunakan untuk melengkapi kebutuhan energi dan nutrisi bayi. Empat tipe berikut ini direkomendasikan oleh WHO:

  • Biji-bijian seperti kacang tanah dan kacang polong, dan wijen atau minyak wijen.
  • Bahan makanan yang berasal dari hewan seperti daging, telur, hati, dan susu.
  • Sayur-sayuran berdaun gelap dan buah-buahan yang berwarna mengarah ke oranye. Bisa seperti brokoli, bayam, wortel, tomat, dan pepaya.
  • Lemak, minyak, dan sumber gula seperti extra virgin olive oil (EVOO), margarin, mentega, gula merah, dan madu.

gambar 4 makanan pendukung energi, nutrisi, dan vitamin bayi

Empat tipe bahan makanan di atas dicampurkan dengan bahan makanan pokok suatu masyarakat tertentu. Kalau di Indonesia bisa dengan jagung atau nasi yang dihaluskan.

Kelebihan dan Kekurangan MPASI 4 Bintang

Kelebihan dari MPASI 4 bintang adalah kebutuhan energi dan nutrisi pada bayi bisa tercukupi. Lebih mudah untuk menerima MPASI campuran, bayi jadi tidak terlalu pilih-pilih makanan karena terbiasa makan makanan campuran.

Sedangkan kekurangannya bayi jadi tidak tahu makanan apa yang dia konsumsi dan rasa masing-masing makanan di campuran tersebut. Kalau ada alergi juga jadi tidak ketahuan bahan makanan apa yang membuat bayi alergi.

Biasanya bayi akan sulit untuk menyukai makanan MPASI 4 bintang karena rasanya kurang enak.

Kesimpulan

Tidak ada yang salah memberikan MPASI menu tunggal asalkan dilandasi dengan alasan yang benar. Kalau misalnya tidak ada sejarah alergi dalam keluarga dan bayinya langsung mau makan MPASI campuran 4 bintang kenapa harus MPASI menu tunggal?

Kalau misalnya bayi bisa makan MPASI campuran, anggaplah MPASI tunggal sebagai cemilan bayi semata. Contohnya, memberikan pisang yang dikerok atau mangga yang dihaluskan setelah makan MPASI 4 bintang.

Referensi

Halaman 1 2 3

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.