Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
MPASI 8 Bulan: Perlukah Memberikan Bubur untuk Bayi?
MPASI Bubur Bayi
Gambar MPASI Bubur Bayi

Hanya beberapa tahun yang lalu Bunda mungkin pernah mendengar bahwa bayi hanya perlu mengonsumsi ASI sampai umur satu tahun. Namun, pendapat yang berlaku saat ini menurut para dokter, ahli gizi atau literatur kesehatan bayi, adalah bahwa makanan pendamping harus diperkenalkan antara bulan keempat dan keenam. Kapan tepatnya Bunda ingin mulai memberikan MPASI terserah secara pribadi tapi perlu diingat bahwa semua resep bubur MPASI 8 bulan ini akan membutuhkan pengalaman makanan pendamping yang sebelumnya sudah diperkenalkan sejak bulan ke-5.

Mengatur Pola MPASI 8 Bulan

Terlepas dari kapan Bunda telah siap mental untuk mulai memperkenalkan MPASI 8 bulan, Anda juga harus memikirkan dan mengatur rencana makan terutama rencana nutrisi. Karena bukan hanya makanan, tetapi seluruh diet dalam periode ini akan mempromosikan perkembangan fisik dan mental yang sehat untuk si bayi.

Seluruh proses pengenalan makanan pendamping tidak hanya dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan bayi, tetapi juga harus bisa menjadi moment transisi ke makanan yang lebih bertekstur.

Nah, katakanlah Bunda berencana memperkenalkan jenis makanan ini di bulan ke-8, maka sebaiknya Anda sudah lebih dulu menyiapkan rencana awal jenis MPASI 8 bulan yang akan dipilih. Salah satu opsi yang paling ideal adalah bubur bayi yang ringan, mudah dicerna, dan yang terpenting memiliki nilai nutrisi yang seimbang.

Upaya pertama dalam memperkenalkan MPASI biasanya tidak akan terlalu berhasil dan Bunda mungkin harus menurunkan standar ke jumlah satu atau beberapa sendok saja. Namun, pada usia 8 bulan, frekuensi ini harus berjalan lebih cepat dan bayi harusnya bisa mengonsumsi bubur dengan lebih lahap dan lancar.

Populer:  8 Penyakit yang Sering Diderita Anak Pada Musim Hujan

Pilih Bubur MPASI 8 Bulan Hanya untuk Bayi yang Berpengalaman

Jika bayinya Bunda sudah rutin menerima makanan pendamping selama beberapa bulan, Anda sekarang dapat memulai dengan opsi diet yang lebih padat. Bayi juga perlu untuk belajar mengunyah dan menelan potongan yang lebih besar. Namun, jangan dibiarkan begitu saja!

Mulai saat ini, Bunda juga perlu memperkenalkan makanan yang lebih sulit dicerna, karena perut bayi sudah terbiasa dengan bubur. Misalnya, Bunda bisa mulai menambahkan kacang polong, bayam, brokoli, bit, asparagus dan terong ke dalam resep bubur bayi MPASI 8 bulan. Bahkan, daging dengan kandungan lemak yang lebih tinggi seperti daging sapi ataupun dagin ayam juga dimungkinkan untuk coba dimasukkan ke dalam bubur si kecil.

Bubur bayi dengan kombinasi buah juga dapat mencakup stroberi, mangga, jeruk, dan kiwi. Namun, Bunda tidak perlu untuk mengolah setiap buah iini menjadi bubur atau puree. Di bawah pengawasan, bayi juga bisa mencoba buah secara utuh atau memakan potongan buah secara perlahan.

Biarkan ia mengunyah, menghisap, dan memainkan buah dengan tenang pada usia ini dan belajar makan MPASI 8 bulan dengan kemampuannya sendiri. Selain itu, selalu perhatikan kualitas organik produk, guna makanan pendamping yang sehat untuk bayi Anda.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.