Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
MPASI Bayi 6 Bulan: 5 Tips Mengenalkan Makanan Padat
Amankah MPASI Instan Untuk Bayi?
Gambar Amankah MPASI Instan Untuk Bayi?

Periode 6 bulan adalah tahap penting dalam perkembangan bayi. Si kecil, kini sudah siap untuk mencoba segala macam hal, jadi tidak ada salahnya untuk menawarkannya rasa dan tekstur yang berbeda dalam pilihan MPASI bayi 6 bulan. Nah, ngomong-ngomong soal rasa, opsi yang terbaik adalah meningkatkan dari rasa hambar menjadi lebih manis atau lebih asin.

Tapi ingat juga untuk selalu waspada terhadap kemungkinan alergi si buah hati. Produk MPASI bayi 6 bulan ini harus dicicipi satu per satu dan setidaknya seminggu terpisah untuk pertama kalinya sehingga orang tua dapat melihat dengan tepat apa yang bisa dan tidak bisa diberikan untuk anak mereka.

Pada dasarnya, makanan bayi berusia 6 bulan terdiri dari:

ASI dan/atau pengganti ASI
Sumber energi ini tetap menjadi kanal utama nutrisi untuk bayi. Bahkan setelah menambahkan makanan padat dalam bentuk MPASI bayi 6 bulan, orang tua tetap harus terus memberi ASI atau pengganti ASI setiap kali si kecil diberi makan. Mengkonsumsi makanan pengganti ASI dapat mempengaruhi komposisi mikroba di usus bayi yang masih tumbuh. Mikroba ini memiliki dampak besar pada bagaimana tubuh mencerna makanan dan mengekstrak energi.

Makanan Padat
Sebelum memilih untuk langsung memberikan MPASI bayi 6 bulan, para orang tua perlu untuk menanyakan diri mereka sendiri terlebih dahulu: apakah mereka sudah yakin bahwa si kecil telah siap untuk beralih ke makanan padat? Tanda-tanda bahwa anak sudah siap untuk mengonsumsi makanan dengan tekstur ini diantaranya adalah koordinasi tangan-mulut yang lebih baik, refleks dorong lidah yang mulai ideal, duduk tanpa penyangga, dan mampu membuka mulut untuk sendok. Dan ingatlah bahwa proses ini membutuhkan kesabaran, persiapan, dan waktu.

Tips Memperkenalkan Makanan MPASI Bayi 6 Bulan
Momen ini dianggap banyak orang tua adalah tonggak penting bagi sang bayi yang berusia 6 bulan karena memperkenalkan makanan padat akan meletakkan dasar bagi kebiasaan makannya seumur hidup. Tahap ini juga menentukan seberapa besar keinginan anak untuk mencicipi rasa dan tekstur baru di waktu-waktu berikutnya.

Berikut adalah daftar pilihan sehat untuk MPASI bayi 6 bulan:

  1. Sereal dengan oatmeal atau beras merah
  2. Daging ayam atau sapi yang sudah dihaluskan
  3. Buah yang dihaluskan atau dipipihkan seperti pisang, pir, atau alpukat
  4. Sayuran yang sudah dihaluskan seperti wortel, labu atau ubi jalar

Hindari kemungkinan tersedak dengan sebisa mungkin menghindari buah-buahan kecil, sayuran mentah, kacang-kacangan, dan permen.

MPASI Bayi 6 Bulan
MPASI Bayi 6 Bulan

Selain itu, proses mengenalkan MPASI bayi 6 bulan ini memerlukan waktu yang cukup lama agar si kecil terbiasa dengan makanan yang padat. Nah, sebelum memulai perjalanan ini, pertimbangkan beberapa faktor-faktor berikut:

Waktu
Karena karakter setiap bayi berusia adalah unik, maka tidak ada istilah timing yang tepat untuk beralih ke makanan MPASI bayi 6 bulan. Jadi, para orang tua tidak perlu panik dan terus mencoba secara perlahan untuk memperkenalkan jenis makanan ini.

Suasana Hati
Suasana hati si kecil menjadi faktor krusial dalam perkenalan makanan padat. Ketika ia bangun dengan ceria dan berenergi, anak akan lebih mungkin untuk terbuka dalam hal mencoba sesuatu yang baru. Namun, jika ia tampak lelah, maka ASI atau susu formula sebagai pengganti ASI adalah pilihan terbaik.

Kesabaran
Memperkenalkan menu MPASI merupakan tugas yang sulit. Padahal, realitanya, para orang tua hanya perlu untuk memasukkan sesendok kecil penuh ke dalam mulut bayi mereka. Karena itu, penting bagi orang tua untuk memberi diri mereka dan bayinya cukup waktu untuk menyusu.

Persiapan
Sendok yang terbuat dari silikon atau plastik adalah opsi paling lembut untuk gusi sensitif si buah hati. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan 3 sendok: satu untuk orang tua, satu untuk menyuapkan bayi dan satunya lagi sendok pengganti. Oh iya, periode ini juga merupakan kesempatan yang paling ideal untuk membiasakan bayi memakai celemek saat makan.

Kecepatan
Mengonsumsi makanan padat hampir pasti akan mengejutkan bayi mengingat ia masih terbiasa dengan tekstur cair seperti susu. Karena itu, mulailah perlahan dan suapkan sekitar seperempat sendok teh makanan di ujung lidah bayi. Ulangi aksi ini sampai bayi terbiasa mengonsumsi makanan dengan tekstur ini.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.