Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Pentingnya Mengetahui Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi
Pentingnya Mengetahui Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi
Gambar Pentingnya Mengetahui Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi

Kapan waktu terbaik memberikan MPASI pada bayi? Dan berapa banyak porsi MPASI yang bisa diberikan pada bayi Anda?

Sebagai seorang ibu, tentunya Anda harus mengetahui hal ini agar bayi mendapatkan nutrisi yang cukup. Mengingat perut dan sistem pencernaan bayi masih belum sempurna, porsi makanannya tentu berbeda dengan anak yang lebih besar.

Biar lebih gampangnya, berikut ini akan kami bagikan informasi seputar porsi MPASI yang tepat sesuai usia bayi.

Mengetahui Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi

Bayi Usia 6-8 Bulan

Di usia tersebut sistem pencernaan bayi masih sangat sensitif. Disarankan untuk memberikan makanan yang lunak, seperti buah dan sayur. Contohnya pisang, brokoli, avokad, melon, buncis dan jagung manis.

Lalu, saat usianya di atas 7 bulan Anda bisa memberikan pure kentang. Namun, Anda tidak disarankan untuk menambahkan gula atau garam.

Porsi MPASI di usia 6-8 bulan ini cukup tiga sendok makan untuk satu kali makan. Anda bisa menambahkan satu sendok teh pure buah dan sayuran.

Seiring dengan bertambahnya usia bayi, Anda bisa meningkatkan porsi makannya, misalnya pure buah yang tadinya hanya satu sendok teh kini menjadi dua sendok.

Bayi Usia 8-12 Bulan

Di usia ini Anda bisa mengenalkan protein dan karbohidrat pada bayi. Misalnya oatmeal, nasi tim dan beberapa asupan protein lain seperti ayam, ikan dan daging sapi.

Selain itu, Anda juga bisa mulai mengenalkannya pada kacang-kacangan seperti kacang merah yang dihaluskan. Di usia 8-12 bulan tersebut bayi sudah mulai tumbuh gigi, jadi tidak ada salahnya untuk memberikan makanan yang bertekstur untuk melatih perkembangan gigi bayi.

Porsi makan bayi usia 8 bulan harus mulai ditambah, misalnya 2-3 sendok makan buah, 2-3 sendok makan daging dan 2-3 sendok makan sayuran.

Lalu, di usia di atas 10 bulan Anda bisa memberikan nasi tim 4-7 sendok makan untuk satu kali makan. Selain itu, Anda juga bisa memberinya camilan berupa biskuit untuk bayi sebanyak dua kali sehari. Hindari memberikan bayi Anda tambahan rasa pada makanannya.

Bayi Usia 12-24 Bulan

Di usia ini bayi sudah bisa mengunyah makanan dengan baik. Oleh karenanya Anda bisa memberikan buah utuh agar bayi bisa memakannya langsung.

Hal tersebut baik untuk perkembangan gigi bayi dan mencegahnya malas mengunyah. Biar bayi semangat makan, Anda bisa buat kegiatan makan bersama keluarga.

Sajikan saja makan-makanan empuk untuk mencegah bayi tersedak. Porsinya pun bisa ditambah, misalnya untuk satu kali makan Anda bisa menyediakan 6-8 sendok makan nasi, satu gelas kecil sayur dalam potongan kecil-kecil dan satu poting daging kukus.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan satu buah pir, apel atau jeruk untuk dimakan satu kali makan. Agar bayi tidak mudah bosan, Anda bisa membuat menu yang lebih bervariasi di setiap harinya.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.