Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Pentingnya Mengetahui Waktu Ideal Bayi Menyusu
Pentingnya Mengetahui Waktu Ideal Bayi Menyusu
Gambar Pentingnya Mengetahui Waktu Ideal Bayi Menyusu

Kapan waktu ideal bayi menyusu? Pastikan Anda memenuhi kebutuhan ASI si kecil diwaktu yang tepat, ya!

Bayi baru lahir tidak hanya menghabiskan waktu untuk tidur, tetapi juga akan lebih sering terbangun saat haus dan lapar.

Lantaran ukuran lambungnya masih sangat kecil sehingga lebih cepat kenyang namun juga cepat merasa lampar kembali. Sehingga sebagai orangtua, Anda harus tahu pola menyusu bayi.

Pentingnya Mengetahui Waktu Ideal Bayi Menyusu

Waktu ideal bayi menyusu memang penting untuk diketahui, umumnya bayi baru harus harus diberi ASI dengan proses IMD. Di usia tersebut bayi harus disusui sebanyak 8-12 kali per hari selama seminggu.

Dihari pertama bayi menyusu, Anda harus menyusuinya minimal 2 jam sekali dan maksimal 4 jam sekali. Ini dilakukan hingga berat badan bayi bertambah dan mencapai berat badan ideal bayi.

Soal durasi bayi menyusu tentu tiap bayi berbeda-beda tiap sesinya, tergantung dari seberapa lapar bayi ketika menyusu. Biasanya bayi menghabiskan waktu menyusu selama 20-30 menit.

Semakin bertumbuh besar, ukuran perut bayi akan bertumbuh dan berkembang. Penting juga untuk memperhatikan tanda bayi saat sudah lapar seperti berikut:

  • Bayi terlihat gelisah
  • Bayi mulai meletakkan tangan ke mulut
  • Bayi mulai menjilat-jilat lidahnya
  • Wajah bayi mulai disandarkan pada dada ibu ketika digendong

Ketika bayi menangis, ini pertanda bahwa bayi mulai merasa lapar dan haus. Hal tersebut biasanya menjadi pertanda kalau Anda terlambat memberikan susu pada bayi.

Suplai ASI akan meningkat ketika bayi tumbuh besar. Bayi pastinya akan membutuhkan ASI lebih banyak diwaktu yang lebih singkat dalam sekali sesi menyusu.

  • Usia 1-3 bulan bayi membutuhkan ASI 7-9 kali dalam sehari
  • Usia 3 bulan ke atas bayi membutuhkan ASI 6-8 kali dalam sehari
  • Usia 6 bulan ke atas bayi membutuhkan ASI 6 kali dalam menyusu sehari
  • Usia 12 bulan bayi membutuhkan ASI 4 kali dalam sehari plus MPASI

Namun juga harus diingat, tiap bayi memiliki pola menyusu yang berbeda. Ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor, sehingga Anda harus lebih jeli lagi melihat tanda bayi butuh ASI yang cukup.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.