Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Penyebab Bayi Menolak Menyusu yang Harus Anda Tahu
Penyebab Bayi Menolak Menyusu yang Harus Anda Tahu
Gambar Penyebab Bayi Menolak Menyusu yang Harus Anda Tahu

Bayi tidak mau menyusu? Ketahui penyebab bayi menolak menyusu selengkapnya di sini!

Sejak pertama kali dilahirkan ke dunia, susu menjadi satu-satunya sumber gizi utama bagi bayi sebelum akhirnya bisa mencerna makanan padat. Menyusu sendiri merupakan momen spesial bagi ibu dan bayi.

Selain bertujuan untuk mendapatkan asupan nutrisi dari ibu, kegiatan menyusu juga dapat menjalin ikatan emosionalnya dengan ibu. Sebenarnya penolakan yang terjadi ketika bayi disusui adalah hal yang cukup umum terjadi.

Namun jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka bayi akan mengalami kekurangan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui penyebab bayi menolak saat disusui berikut ini.

Penyebab Bayi Menolak Menyusu yang Harus Anda Tahu

Puting yang Datar

Puting ibu datar? Bisa jadi, hal tersebut menjadi penyebab bayi menolak menyusu.

Ya, tidak semua bayi bisa menyusu pada puting yang datar, terutama untuk bayi yang baru dilahirkan. Cara mengatasi bayi menolak menyusu karena puting yang datar adalah dengan memanfaatkan pompa ASI. Pompa ASI ini digunakan untuk menyedot puting sehingga lebih menonjol keluar.

Salah Posisi Saat Menyusui

Salah posisi ketika menyusui bayi juga menjadi penyebab paling umum yang terjadi kenapa bayi akhirnya menolak untuk menyusu. Untuk itu Anda harus mengubah posisi menyusu.

Volume ASI Berkurang

Volume ASI yang keluar sangat sedikit ternyata juga bisa membuat bayi frustasi, hingga akhirnya enggan untuk menyusu. Biar volume ASI Anda meningkat disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan harian, atau bisa pula dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi. Bila perlu, Anda bisa mengkonsumsi suplemen penambah ASI yang bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat.

Gigi Bayi Mulai Tumbuh

Di usia 6-12 bulan gigi bayi biasanya mulai tumbuh. Nah, saat giginya mau tumbuh biasanya membuat gusinya terasa tidak nyaman. Sehingga yang demikian membuat bayi menolak ketika akan disusui. Rasa tak nyaman tersebut bisa diatasi dengan cara mengusap gusi bayi menggunakan handuk dingin. Atau, Anda juga bisa mengusap gusi bayi dengan jari sebelum menyusui.

Pilek atau Flu

Penyebab bayi menolak menyusu berikutnya adalah karena hidung yang tersumbat, pilek atau flu. Sulitnya bernapas ketika menyusu membuat bayi enggan disusui. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengelap ingus bayi secara perlahan dengan waslap lembut. Selain itu, pastikan bayi Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar cepat sembuh.

Sariawan

Sariawan juga menjadi penyebab umum kenapa bayi menolak saat disusui. Anda bisa membantu meredakan rasa sakit yang dialami bayi akibat sariawan dengan cara mengompres sariawan dengan es batu yang terlebih dulu dibungkus dengan kain lembut.

Kelainan Lidah atau Tongue-Tie

Kelainan lidah juga bisa menyebabkan bayi enggan disusui. Apabila masalah tersebut terjadi pada bayi Anda, disarankan untuk segera memeriksakan bayi ke dokter atau konsultan laktasi.

REFERENSI

  • Bayi Menolak untuk Menyusu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya. Diakses 28 Oktober 2020
  • Susu. Diakses 28 Oktober 2020
  • Foto diambil dari situs parenting.orami.co.id. Diakses 28 Oktober 2020

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.