Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Perlukah Mensterilkan Peralatan Makan atau Mainan Bayi?
Bayi Menyusu Dari Botol
Gambar Bayi Menyusu Dari Botol

Kebersihan adalah keharusan kalau memiliki bayi. Dua di antara usaha dalam menjaga kebersihan tersebut adalah dengan cara mensterilkan peralatan makan dan mainan bayi.

Steril artinya menghilangkan kuman dari peralatan makan dan mainan bayi. Kalau ditanya apakah perlu, maka jawabannya adalah perlu.

Mencuci peralatan makan atau mainan bayi saja tidak cukup karena minyak dan organisme jahat dapat menempel meskipun telah dicuci. Oleh karenanya perlu cara yang handal untuk mensterilkan peralatan makan bayi.

Cara Mensterilkan Peralatan Makan

Bagaimana cara mensterilkan peralatan makan bayi? Salah satunya adalah mensterilkan dengan peralatan steril merek Dr. Brown. Namun, sayangnya penggunaan alat ini kurang maksimal karena kurang praktis.

Contohnya, penggunaan alat steril botol, botol tersebut harus dicuci dulu sebelum dimasukkan ke dalam alat steril. Oleh karenanya, alat steril bermerek dan harganya bisa jutaan itu bisa diabaikan.

Air Panas dan Sleek

Cara sederhana dan praktis sebenarnya bisa menggunakan air panas dan Sleek, tapi ada triknya.

sleek pencuci peralatan bayi anti bakteri

Sebelum menggunakan cara ini pastikan botol atau peralatan makan bayi yang terbuat dari plastik tahan terhadap panas!

  • Cuci botol dan peralatan makan dengan sabun cuci biasa sampai sisa makanan atau nodanya tidak hilang dan tidak terlihat.
  • Panaskan air hingga mendidih dengan menggunakan panci stainlessĀ steel, lalu biarkan 3-5 menit.
  • Masukkan botol atau peralatan makan yang telah dicuci tadi ke dalam panci dan aduk pelan selama satu menit saja.
  • Ambil dan cuci kembali dengan Sleek anti-bakteri.
  • Keringkan dan simpan di tempat yang tidak lembab, dan jangan digabung dengan peralatan masak atau peralatan makan orang dewasa.

Cara tersebut di atas memakan banyak sumber daya yaitu gas. Triknya yaitu sebaiknya masak air panas dalam jumlah banyak lalu disimpan di dalam termos besar. Ini membantu menghemat waktu, air, dan gas.

Pertama-tama memang agak repot tapi kalau sudah biasa sangatlah hemat dan praktis. Dengan catatan pakai termos loh ya.

Dengan metode ini, sejak usia 0 bulan hingga usia sekarang yiatu 9 bulan anak kami belum pernah demam karena sakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi.