Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Persiapan Untuk Melakukan Social Distancing Untuk Mencegah Virus Corona
Persiapan Untuk Melakukan Social Distancing Untuk Mencegah Virus Corona
Gambar Persiapan Untuk Melakukan Social Distancing Untuk Mencegah Virus Corona

Apa itu social distancing? Ini adalah istilah yang baru-baru ini digunakan sebagai langkah mencegah virus corona, dan pengendalian terjangkitnya infeksi virus corona.

Penerapan social distancing, yakni dengan menganjurkan mereka yang masih dalam keadaan sehat untuk membatasi kunjungan ke beberapa tempat ramai, dan melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Tujuan social distancing adalah untuk memutus rantai terinfeksinya virus corona itu sendiri. Berikut ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan social distancing yang harus Anda tahu.

Persiapan Untuk Melakukan Social Distancing Untuk Mencegah Virus Corona

Merencanakan Kegiatan

Buat yang sudah terbiasa beraktivitas di luar ruangan, baik itu untuk urusan bekerja, berbelanja, dan lain-lain, sepertinya untuk saat ini hal tersebut harus direncanakan ulang.

Pasalnya, di masa social distancing seperti sekarang berkunjung ke tempat-tempat ramai diyakini dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit virus corona.

Sediakan Obat-Obatan

Ini penting, terutama buat Anda yang menderita penyakit tertentu dan sedang menjalani pengobatan. Sediakan obat-obatan yang diperlukan sebelum melakukan social distancing untuk mencegah virus corona.

Disarankan agar Anda juga menyediakan obat-obatan seperti Paracetamol. Ini penting untuk meredakan rasa nyeri dan demam.

Penuhi Kebutuhan Harian

Beberapa kebutuhan harian yang harus Anda siapkan sebelum menjalani pembatasan sosial, diantaranya stok makanan, minuman, sabun, disenfektan, dan kebutuhan harian lainnya.

Namun demikian, Anda juga harus menghindari membeli barang secara berlebih. Apabila Anda, atau ada anggota keluarga yang kurang sehat, maka Anda perlu menyiapkan stok masker.

Jangan lupa pula untuk menyetok beberapa jenis buah dan sayuran, lalu simpan dalam wadah bersih dan letakkan di dalam kulkas.

Menyiapkan Akses Internet

Pada dasarnya social distancing memiliki tujuan khusus, yakni untuk memutus rantai terjangkitnya virus corona. Oleh karenanya jika biasanya Anda harus belajar atau bekerja di luar rumah, kini keadaan tersebut mengharuskan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas dari rumah.

Untuk itu akses internet sudah pasti menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan. Dengan begitu proses belajar atau bekerja tetap berjalan lancar.

Internet yang tersedia pun juga akan memudahkan Anda untuk mencari informasi terkini mengenai situasi wabah virus corona di Indonesia. Atau, bisa pula menjalankan beberapa aplikasi dan game untuk sekadar menghibur diri karena harus berada di dalam rumah selama beberapa hari.

Dampak social distancing sudah pasti berimbas pada banyak hal. Namun mau tidak mau, social distancing memang harus diterapkan demi mencegah virus corona semakin menyebar luas.

Berikut ada beberapa contoh penerapan social distancing yang paling umum dilakukan, yakni:

  • Bekerja dari rumah
  • Belajar dari rumah secara online bagi para pelajar
  • Menunda pertemuan, bahkan meskipun sifatnya penting
  • Menunda menghadiri acara yang dihadiri banyak orang
  • Menghindari mengunjungi orang yang sedang sakit secara langsung

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.