Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI

Popok Bayi Baru Lahir: Diapers atau Clodi?

Popok Bayi
Gambar Popok Bayi

Sensitivitas kulit bayi baru lahir sangat tinggi. Tidak hanya produk perawatan yang berkualitas baik saja, namun bayi juga membutuhkan popok yang nyaman. Hal ini untuk menghindari bayi rewel karena pengaruh ruam kulit saat memakai popok. Orang tua seringkali tidak hanya memikirkan kenyamanan bayi, melainkan juga pemakaian yang praktis. Sehingga memilih antara popok kain atau diapers seringkali sulit diputuskan.

Popok Kain (Clodi) dan Kelebihannya

Popok kain tidak dapat dipungkiri mampu memberikan kenyamanan terbaik untuk bayi. Terutama bahan kainnya yang nyaman dan lembut, membuat bayi tidak akan terganggu. Namun bahan kain ini menyebabkan pemakaiannya sangat boros. Setiap kali bayi buang air kecil dan besar, Anda harus langsung menggantinya. Jika buah hati Anda buang kotoran hingga 10 kali dalam sehari, Anda juga harus menggantinya hingga 10 kali.

Selain pemakaiannya yang boros, popok kain atau clodi atau cloth diapers ini juga membuat Anda harus membersihkan hingga mencucinya. Hal ini berarti ada tenaga dan waktu yang harus Anda keluarkan untuk membersihkannya. Namun popok kain ini juga lebih hemat karena setelah dicuci bersih, Anda dapat memakaikannya kembali untuk buah hati. Selain itu pemakaian popok untuk bayi baru lahir juga lebih aman dan tidak menimbulkan gangguan tulang kaki.

Popok Biasa

Diapers dan Mitos Yang Menyertainya

Selain popok kain, banyak orang tua juga menggunakan diapers atau popok sekali pakai untuk buah hati. Dibandingkan dengan popok kain, penggunaan diapers ini memang sangat praktis. Untuk memakaikannya pada buah hati juga lebih mudah. Hanya saja popok yang satu ini hanya untuk sekali pakai. Artinya saat popok terkena kotoran bayi, Anda tidak dapat mencucinya. Diapers harus langsung dibuang setelah pemakaian.

Penggunaan diapers untuk bayi baru lahir membuat orang tua merasa lebih praktis. Sayangnya banyak mitos yang menyertai diantaranya pemakaian diapers menyebabkan kelainan tulang. Hal ini dibantah langsung oleh Spesialis Ortopedi RSU Haji Surabaya, dr. Erwin Ispanardi, SpOT yang menyatakan bahwa hanya penggunaan diapers yang keliru dan dilakukan terus-menerus yang dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki pada bayi.

Penggunaan Popok Bayi Terbaik

Orang tua berhak memilih yang terbaik untuk bayi. Penggunaan popok kain atau clodi dan diapers memiliki kelebihan dan juga kelemahan. Pastikan Anda memilih popok bayi yang nyaman untuk buah hati. Apapun jenis popok pilihan Anda, pastikan memasang popok dengan baik. Selain menghindari kotoran yang bocor keluar, memakai popok dengan posisi yang baik juga akan membuat bayi lebih nyaman dan menghindari dampak buruknya setelah bayi besar.

Popok juga harus dipastikan dibuat dari bahan yang nyaman dan aman. Baik diapers ataupun popok kain harus lembut, tidak gerah dan aman dari bahan-bahan berbahaya. Hindari popok yang mengandung bau parfum biasanya dapat menyebabkan alergi atau ruam. Sangat penting untuk selalu mengganti popok bayi setiap 2-3 jam sekali untuk diapers. Sedangkan popok kain harus diganti tepat setelah bayi membuang kotoran. Sehingga bayi merasa lebih nyaman dan terhindar dari iritasi.