Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Rekomendasi Mainan Untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan
Rekomendasi Mainan Untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan
Gambar Rekomendasi Mainan Untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan

Sudahkah Anda melakukan stimulasi pada si kecil? Berikut kami rekomendasikan mainan untuk optimalkan perkembangan bayi 6 bulan yang harus Anda tahu.

Sebagai orangtua, Anda tentu memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Stimulasi yang tepat akan membantunya untuk bisa mencapai perkembangan optimalnya. Nah, di usianya yang menginjak 6 bulan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, misalnya dengan memberikan mainan terbaik untuk anak 6 bulan di bawah ini.

Rekomendasi Mainan Untuk Optimalkan Perkembangan Bayi 6 Bulan

Boneka Pengantar Tidur

Bayi di usia 6 bulan umumnya masih sulit tidur dengan nyenyak. Untuk membantu membuat bayi nyaman saat tidur Anda bisa memberikan mainan satu ini. Boneka pengantar tidur dapat dipeluk si kecil sehingga membuat tidurnya lebih nyenyak dari biasanya.  

Pilih jenis mainan untuk bayi 6 bulan yang dapat mengeluarkan lagu – lagu khusus untuk menidurkan anak.

Baby Bouncer

Saat usianya masih kecil, bayi pastinya akan langsung menangis dan rewel ketika Anda sedang ingin beraktifitas di dalam rumah. Biar bayi bisa lebih tenang, Anda bisa coba berikan mainan satu ini, baby bouncer.

Ini adalah jenis mainan anak yang berbentuk tempat duduk. Dengan mainan tersebut si kecil bisa duduk sembari bergoyang-goyang atau berayun. Umumnya, jenis mainan yang seperti ini dilengkapi dengan fitur lagu yang sudah pasti membuat bayi Anda merasa lebih tenang.

Tidak hanya itu, juga ada beberapa mainan gantung seperti boneka, cermin atau yang lainnya.

Bayi Teether

Rekomendasi lain mainan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi di usia 6 bulan adalah mainan bayi teether. Ini merupakan jenis mainan yang terbuat dari bahan sejenis karet sehingga cukup aman untuk diberikan pada bayi Anda.

Menariknya, biasanya jenis mainan anak tersebut di desain semenarik mungkin, berbentuk seperti hewan, berwarna-warni dan bersuara sehingga dapat menarik perhatian  si kecil.  

Tidak hanya berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi, jenis mainan tersebut juga berfungsi untuk melatih kemampuan menggenggam bayi Anda.

Bayi Rattle                                  

Salah satu cara stimulasi kemampuan otak bayi usia 6 bulan adalah dengan memberikan mainan baby rattle ini. Mainan bayi usia 6 bulan tersebut berbentuk benda, penuh suara dan berwarna-warni.

Suara yang dihasilkan dapat membuat indera pendengaran bayi menjadi lebih aware terhadap bunyi-bunyi yang didengar. Dari pendengaran tersebut, informasi kemudian akan sampai ke otak sehingga bayi Anda akan berpikir soal asal bunyi yang ia dengar.

Bayi Soft Book

Selain itu, untuk cara melatih kemampuan melihat bayi yang bisa dilakukan para orangtua adalah dengan memberikan mainan bayi soft book. Sebenarnya ini merupakan jenis buku cerita bergambar yang memiliki warna mencolok dan terbuat dari kain.

Menariknya, buku anak 6 bulan umumnya memiliki cerita yang unik dan menarik, serta biasanya disertai dengan gimmick lainnya. Misalnya, sejumlah tekstur bahan, cermin hingga beberapa bagian yang bisa ditarik.

Tidak hanya bisa melatih kemampuan melihat bayi, jenis mainan tersebut juga jadi cara memperkenalkan kebiasaan baca pada anak sejak usianya masih sangat dini.

REFERENSI

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.