Panduan Lengkap MPASI

Menu makanan dan jadwal makanan pendamping ASI
Susu Formula Penyebab Eksim Pada Bayi, Kok Bisa?
Susu Formula Penyebab Eksim Pada Bayi, Kok Bisa?
Gambar Susu Formula Penyebab Eksim Pada Bayi, Kok Bisa?

Ada beberapa kondisi yang pada akhirnya membuat orangtua terpaksa harus memberikan susu formula pada bayinya. Namun tahukah Anda kalau ternyata susu formula bisa jadi penyebab eksim pada bayi?

Eksim atau eksema (dermatitis) adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan gelembung kecil atau vesikel pada kulit, yang pada akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Pengkonsumsian susu formula pada bayi tidak hanya menyebabkan perut kembung, tapi juga eksim. Kenapa?

Alasan Kenapa Susu Formula Penyebab Eksim Pada Bayi

Di masa pertumbuhan, bayi memang lebih rentan alergi terhadap makanan yang dikonsumsinya. Eksim adalah salah satu jenis alergi pada bayi yang sering muncul.

Ketika bayi terkena eksim, maka akan timbul ruam, kulit bersisik dan bintil kecil kemerahan di sekitar area tubuh bayi. Meski sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab eksim pada bayi, tetapi pada kenyataannya, pengkonsumsian susu formula diduga dapat memicu munculnya eksim.

Gejala eksim pada bayi umumnya muncul pada usia 3-5 bulan. Namun pada beberapa kasus, eksim bisa saja muncul di usia 2 tahun. Dokter akan menyarankan susu formula berbahan kedelai untuk anak dengan alergi susu sapi.

Sayangnya, pengkonsumsian susu formula berbahan kedelai tidak menutup kemungkinan muncul eksim pada bayi. Tanda eksim pada bayi biasanya muncul dalam kurun waktu 2 jam setelah bayi mengkonsumsi susu formula berbahan kedelai.

Dikarenakan eksim erat kaitannya dengan alergi makanan, termasuk susu formula disarankan agar orangtua memberikan susu formula dengan kanduan lain. Contohnya dari kandungan susu sapi ke susu kedelai selama 2-6 minggu.

Sebenarnya eksim pada bayi tidak ada obatnya. Namun kondisi seperti ini bisa diatasi dengan tetap mengusahakan agar kulitnya tetap terjaga kelembabannya.

Selain itu, orangtua harus menghindari mencuci pakaian bayi menggunakan deterjen dengan kandungan pewarna maupun parfum. Sehingga kondisi kulitnya tidak semakin memburuk. Cara mengatasi eksim pada bayi lainnya adalah dengan memberikan susu formula yang terhidrolisis.

Pada jenis susu formula ini kandungan proteinnya sudah dipecah menjadi bentuk protein yang lebih kecil. Sehingga dapat mengurangi resiko tubuh deteksi protein tersebut sebagai alergen.

Artikel di atas belum ada tanggapan. Jadilah yang pertama memberikan pendapat. Pendapat bunda akan sangat berharga bagi yang lain.

* Wajib diisi. Dapatkan 🎁 teether, kolam anak, atau mobil-mobilan hanya dengan memberikan tanggapan atau pertanyaan.